Terbit: 27 Maret 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Menghadapi proses persalinan tentunya menjadi hal yang menegangkan bagi setiap wanita. Persiapan yang baik tentunya sangat dibutuhkan agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan. Berikut adalah tips melahirkan normal lancar dan cepat yang bisa diterapkan para calon ibu!

tips-melahirkan-normal-lancar-dan-cepat-doktersehat

Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat

Kebanyakan wanita menginginkan persalinan pravaginam atau persalinan normal karena proses pemulihan yang biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan persalinan caesar. Apapun jenisnya, proses persalinan tentunya membutuhkan persiapan agar dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Berikut adalah beberapa tips melahirkan normal lancar dan tepat yang bisa diterapkan!

1. Mengikuti Kelas Persiapan

Tips melahirkan normal lancar dan cepat yang pertama adalah dengan mengikuti kelas prenatal atau kelas persiapan persalinan.

Anda dapat mendapatkan berbagai informasi tentang persalinan melalui kelas ini, termasuk informasi lengkap tentang persalinan normal. Ketika sudah mengetahui berbagai hal mendetail tentang proses persalinan normal, Anda dapat menjalaninya dengan lebih tenang.

Durasi kelas prenatal berbeda-beda. Sebagian mungkin mengharuskan Anda untuk mengikuti kelas ini sejak awal memasuki trimester kedua kehamilan.

2. Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

Menjaga kesehatan dan kebugaran adalah hal yang sangat penting untuk menghadapi persalinan.

Anda dapat melakukannya dengan menjaga asupan makanan yang bergizi. Perlu diingat bahwa asupan makanan untuk ibu hamil harus memenuhi kebutuhan ibu dan bayinya agar perkembangan bayi berjalan dengan baik.

Selain menjaga asupan makanan, olahraga secara rutin juga penting untuk dilakukan. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil adalah yoga. Anda dapat mengikuti kelas prenatal yoga yang kini banyak tersedia.

3. Pijat Perineum

Perineum adalah area antara pembukaan vagina dan anus.

Pijat perineum dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya robekan jalan lahir. Lakukan pijat ini mulai dari 34 minggu kehamilan. Anda dapat menggunakan minyak esensial seperti minyak almond untuk memijat.

4. Mempersiapkan Posisi Bayi

Salah satu hal yang menentukan persalinan normal adalah posisi bayi yang tepat.

Menjelang kelahiran, posisi bayi seharusnya berada di bawah dan siap untuk memasuki jalan lahir. Namun beberapa kondisi bisa membuat kepala bayi tidak pada posisi seharusnya, bahkan menjelang kelahiran.

Anda dapat mendorong bayi ke posisi yang tepat untuk lahir dengan cara duduk di atas birthing ball secara rutin. Lakukan latihan paling tidak pada usia kehamilan 34 minggu atau bahkan lebih awal.

Beberapa posisi mungkin tidak dapat diperbaiki hanya dengan latihan sederhana. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang posisi bayi dan hal apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

5. Berjalan Kaki

Berjalan kaki secara rutin memberikan banyak manfaat selama kehamilan.

Berjalan kaki dapat menjadi aktivitas ringan yang membantu Anda menjaga kebugaran. Selain itu, berjalan kaki juga dipercaya dipercaya dapat membantu bayi menuju posisi yang tepat sebelum kelahiran.

Mulailah berjalan kaki rutin di pagi hari. Mulai dari 10 menit kemudian tingkatkan menjadi 20 hingga 30 menit di hari-hari selanjutnya.

Baca Juga: 11 Ciri Mau Melahirkan, Ibu Hamil Tua Wajib Tahu!

6. Tetap Aktif

Tips melahirkan normal lancar dan cepat selanjutnya adalah dengan tetap aktif.

Bukan hanya selama masa kehamilan saja, bahkan Anda disarankan untuk tetap aktif selama menjelang kelahiran. Kontraksi dapat datang dan pergi sebelum pembukaan leher rahim penuh.

Berjalan-jalan kecil dapat membantu Anda melawan kebosanan dan mendistraksi pikiran dari kontraksi ringan.

7. Kumpulkan Energi

Meskipun Anda diharuskan tetap aktif menjelang kelahiran, namun Anda juga tetap harus menjaga energi sebelum proses persalinan.

Jika memiliki waktu untuk istirahat, maka gunakan waktu tersebut dengan baik. Proses persalinan mungkin akan berjalan panjang dari mulai kontraksi awal hingga pembukaan penuh. Energi yang cukup sangat dibutuhkan pada proses akhir kelahiran. Makan dan istirahat yang cukup dapat membantu Anda mengumpulkan energi.

8. Latihan Pernapasan

Diperlukan latihan pernapasan yang baik jika Anda menginginkan persalinan normal yang lancar dan cepat.

Ketika kontraksi datang, coba untuk bernapas perlahan dan rileks. Hal ini dapat membantu Anda untuk mencegah ketegangan otot dan membantu serviks membesar.

Latihan pernapasan yang baik akan sangat membantu Anda dalam menghadapi kontraksi selama proses persalinan.

9. Rileks dan Fokus

Rasa sakit saat kontraksi dapat membuat seseorang panik dan melupakan banyak hal. Anda perlu merasa rileks dan tetap fokus apabila ingin proses persalinan berjalan dengan lancar.

Salah satu teknik yang dipercaya dapat membantu wanita rileks adalah metode hypno birthing. Metode ini mengajarkan calon ibu belajar bagaimana menempatkan diri dalam kondisi yang santai. Penelitian menunjukkan cara ini efektif untuk membantu mengelola kecemasan dan ketidaknyamanan.

10. Minta Dukungan

Dukungan dari orang sekitar, terutama keluarga seperti suami dan orang tua merupakan hal yang penting dalam proses kelahiran.

Selain dukungan dari keluarga, Anda juga bisa menggunakan jasa doula untuk membantu proses persalinan. Doula adalah profesional nonmedis yang akan memberikan dukungan emosional dan fisik selama proses kehamilan dan persalinan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dukungan dari doula terlatih dapat membuat persalinan normal berjalan lebih cepat. Kebutuhan epidural, operasi caesar, dan oksitosin untuk induksi juga berkurang berkat adanya doula.

Itu dia berbagai tips melahirkan normal lancar dan cepat yang bisa diterapkan oleh para calon ibu yang menghadapi persalinan normal. Jika kehamilan Anda bukan kehamilan berisiko, maka kemungkinan besar Anda dapat menjalani persalinan normal. Jika dipersiapkan dengan baik, proses persalinan akan dapat dilalui dengan lancar dan tentunya terasa lebih cepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Sato, Gayle dan Jennifer Cody Epstein. 13 Tips to Help You Prepare for Childbirth and Labor. https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/labor-and-delivery/im-37-weeks-into-my-high-risk-pregnancy-during-covid-19-heres-what-my-doctors-told-me/. (Diakses 27 Maret 2020).
  2. Richley, Anne. 2020. Revealed: The 20 ways to have an easy labour (according to a midwife!). https://www.goodtoknow.co.uk/family/twenty-ways-to-have-an-easier-labour-73406. (Diakses 27 Maret 2020).
  3. Crawford, Nicole. 2017. Exercises to Make a Baby Drop During Pregnancy. https://www.hellomotherhood.com/exercises-with-an-exercise-ball-to-help-induce-labor-7425443.html. (Diakses 27 Maret 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi