Terbit: 15 Mei 2020 | Diperbarui: 5 Juni 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Tipa malam pertama adalah salah satu hal yang ingin diketahui oleh pasangan baru. Selain mendapatkan tips, mungkin banyak hal lain yang mungkin ingin ditanyakan terkait hubungan seks untuk pertama kalinya ini. Lantas, apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut momentum yang tidak terlupakan ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

10 Tips Malam Pertama agar Lancar, Pengantin Baru Wajib Baca!

Tips Malam Pertama agar Lancar dan Tidak Sakit

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, pada beberapa kasus, cerita malam pertama ada yang menyenangkan tetapi juga berakhir dengan tidak menyenangkan. Contoh kasus tidak menyenangkan adalah orgasme terjadi lebih awal pada pria, sedangkan pada wanita terjadi rasa sakit saat penetrasi.

Berikut adalah beberapa tips malam pertama agar berjalan lancar dan menyenangkan, di antaranya:

1. Bicara Tentang Kegelisahan yang Dirasakan

Malam pertama pernikahan adalah malam yang menggairahkan bagi pasangan yang baru menikah. Agar cerita malam pertama berakhir dengan menyenangkan, sebelum memulai hubungan seksual, sebaiknya setiap pasangan menceritakan kegelisahannya terkait aktivitas seks. Pada beberapa kasus sering kali pasangan merasa takut atau canggung.

2. Berjalan-Jalan Terlebih Dahulu

Tips malam pertama berikut ini terkait dengan penjelasan sebelumnya. Jika sebelum melakukan hubungan seksual pasangan merasa cemas yang berlebih, cobalah untuk berjalan-jalan. Meski cara ini tidak mengendalikan semua kecemasan yang Anda rasakan, akan tetapi teknik ini adalah metode yang efektif untuk mengatasi kecemasan. Selain berjalan-jalan, Anda juga bisa melakukan yoga sebelum berhubungan seks.

3. Mengenakan Lingerie

Jika Anda bingung mengenai baju malam pertama apa yang sebaiknya digunakan, cobalah untuk mengenakan lingerie. Namun tips malam pertama ini bukanlah sesuatu wajib, pakaian apa pun dapat digunakan yang penting Anda merasa nyaman ketika menggunakannya.

4. Menjaga Aroma Napas

Salah satu cerita malam pertama yang tidak menyenangkan adalah aroma tidak sedap keluar dari mulut pasangan. Tips ini sering kali dilewatkan oleh pasangan yang baru menikah. Bercumbu dengan aroma napas yang bau dapat memengaruhi mood pasangan. Agar tercipta suasana yang lebih romantis, cobalah sikat gigi bersama.

5. Menyiapkan Pelumas

Jika Anda sudah melakukan foreplay namun pasangan mengalami kesulitan untuk ‘basah’, pelumas adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar hubungan seks lebih nyaman. Jika Anda berpikir bahwa tips malam pertama ini tidak dibutuhkan, sebaiknya Anda tetap harus menyiapkan pelumas jika sewaktu-waktu mengalami kesulitan saat penetrasi.

6. Memulainya dengan Perlahan

Tips malam pertama yang satu ini sering kali tidak diperhatikan oleh pasangan baru. Melakukan hubungan seksual dengan tempo yang cepat sepertinya bukanlah langkah yang ideal. Kenali dulu tubuh pasangan dan preferensi masing-masing. Foreplay menjadi penting sebelum bercinta karena dapat meningkatkan gairah pada pasangan.

7. Jangan Takut untuk Berbicara

Selain membicarakan apa yang menjadi kegelisahan pada pasangan, tanyakan juga pada pasangan, hal-hal apa saja yang membuatnya senang atau bergairah. Anda tidak boleh menganggap bahwa Anda tahu bagaimana memberikan pengalaman seksual yang menyenangkan, oleh karenanya cobalah untuk berbicara mengenai kondisi secara jujur.

Jadi, jika pasangan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai, segera beri tahu dengan suara yang lembut. Jika pasangan melakukan sesuatu yang sangat Anda sukai, segera beri tahu juga. Namun, jika pasangan enggan berbicara mengenai ketidaksukaannya, perhatikan bahasa tubuh dan isyarat nonverbal lainnya.

8. Jangan Hanya Fokus untuk Mendapatkan Orgasme

Meski orgasme adalah puncak kenikmatan dari aktivitas seksual, orgasme harus didapatkan oleh pria dan wanita.  Anda berdua harus saling mendukung satu sama lain untuk mendapatkannya.

Jangan biarkan orgasme menjadi tujuan utama. Jika fokus adalah pada hasil akhir, Anda mungkin tidak akan menikmati diri sendiri selama beraksi sebanyak yang Anda bisa. Namun jangan merasa sedih jika salah satu pasangan tidak bisa orgasme karena kondisi ini umumnya terkait kondisi kesehatan, tidak terkait dengan pasangan seksual Anda.

9. Tetapkan Harapan yang Realistis

Banyak pasangan yang baru menikah membayangkan bahwa cerita malam pertamanya akan menjadi sesuatu yang spesial dan berkesan. Beberapa pasangan bahkan sudah merencanakan di mana dan kapan itu akan terjadi. Meski semua ini masuk akal untuk dilakukan, tetapi Anda juga harus menetapkan harapan yang realistis

Bersikaplah adil terhadap diri sendiri dan pasangan. Cobalah untuk tidak mengharapkan fantasi tidak realistis yang hanya ditemukan di film. Sementara jika Anda merasa cemas atau gugup menghadapi malam pertama, hubungi terapis seks untuk mencari tahu masalah yang mendasari.

10. Berikan Pelukan Setelah Bercinta

Tips malam pertama yang terakhir dan sering dilewatkan adalah aktivitas setelah selesai berhubungan seks. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan pelukan lembut, membelai rambut pasangan, atau memberikan ciuman.

Selain itu, Anda juga bisa membicarakan hal-hal menyenangkan apa saja yang baru Anda lakukan bersamanya. Jangan lupa sediakan segelas air di samping tempat tidur karena aktivitas seks bisa membuat seseorang sangat haus.

Apakah Hubungan Seks untuk Pertama Kali Selalu Sakit?

Jika Anda merasakan sakit, kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh gesekan penis. Gesekan terasa sakit terjadi ketika vagina belum mendapatkan pelumasan yang cukup. Foreplay adalah aktivitas penting untuk merangsang vagina agar memproduksi pelumas alami.

Pertanyaan lain yang cukup sering ditanyakan oleh pasangan baru adalah berapa lama rasa sakit setelah malam pertama? Seks biasanya menjadi tidak terlalu menyakitkan setelah pertama kali, karena selaput dara terus meregang dan tubuh terbiasa dengan aktivitas ini.

Jika Anda sudah melewatkan hubungan intim untuk pertama kalinya tetapi masih merasakan sakit saat penetrasi dan disertai pendarahan, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bisakah Saya Langsung Hamil Meski Baru Pertama Kali?

Terdapat cerita yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa seorang wanita tidak bisa hamil ketika berhubungan seks untuk pertama kalinya. Ini adalah informasi yang salah. Jika Anda sudah mulai mendapatkan menstruasi, seorang wanita bisa hamil jika berhubungan seks selama masa subur.

Sementara itu, jika Anda belum siap untuk memiliki anak, sebaiknya Anda harus menggunakan metode kontrasepsi setiap kali melakukan hubungan seksual.

 

  1. Anonim. How to Have Sex for the First Time: Tips and Tricks. https://flo.health/menstrual-cycle/sex/sexual-health/how-to-have-sex-for-the-first-time. (Diakses pada 15 Mei 2020).
  2. Enochs, Elizabeth. 2020. 17 Tips For Having Sex With Someone New. https://www.bustle.com/articles/138751-17-tips-for-having-sex-with-someone-new. (Diakses pada 15 Mei 2020).
  3. Klepchukova, Anna. 2020. Why Does Sex Hurt the First Time for a Woman? 6 Tips to Lose Your Virginity Without Pain. https://flo.health/menstrual-cycle/teens/your-first/does-sex-hurt-for-the-first-time. (Diakses pada 15 Mei 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi