Terbit: 11 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski rasanya enak, pizza dikenal luas sebagai makanan yang tidak sehat. Kandungan kalori dan lemak jenuhnya yang sangat tinggi membuat kita lebih rentan terkena kenaikan berat badan atau bahkan masalah kolesterol tinggi jika sering mengonsumsinya.

Tips Makan Pizza Agar Tetap Sehat

Sebenarnya, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa tetap makan pizza namun tetap sehat?

Tips pertama yang bisa kita lakukan saat makan pizza adalah memilih pizza yang khas Italia, bukannya pizza khas Amerika yang biasa kita konsumsi karena memang lebih populer di Indonesia. Pizza khas Italia ini berbeda karena cenderung lebih tipis, lebih garing, dan tidak memiliki minyak terlalu banyak sebagaimana pizza khas Amerika.

Pizza ini juga kaya akan irisan tomat, minyak zaitun, dan lebih sedikit keju. Pizza ini cenderung memiliki kadar kalori lebih rendah dari pizza Amerika. Saat memilih topping, ada baiknya kita memilih yang lebih sehat seperti jamur, paprika, dan sayuran lainnya, bukannya topping yang berupa irisan daging.

Agar tidak terlalu banyak mengonsumsi pizza, ada baiknya kita memesan makanan lain seperti salad sayur dan buah. Dengan mengonsumsi salad yang merupakan makanan sehat dan kaya serat, maka kita pun akan lebih mudah kenyang sehingga tidak akan mudah tertarik untuk mengambil kembali potongan pizza. Selain itu, ada baiknya kita tidak memesan makanan lain yang juga kaya akan lemak seperti sayap ayam atau sosis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Pilihlah minuman yang sehat seperti air putih saat mengonsumsi pizza. Kebanyakan orang memilih untuk mengonsumsi minuman bersoda. Padahal, hal ini bisa membuat konsumsi kalori menjadi sangat berlebihan.

Agar tetap sehat, jangan sering-sering mengonsumsi pizza. Sesekali mengonsumsinya boleh-boleh saja, namun pastikan untuk berolahraga dengan teratur demi membakar kalori yang kita konsumsi saat makan pizza.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi