Terbit: 25 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang manis demi mencegah lonjakan kadar gula darah. Hanya saja, sebagian penderita diabetes masih diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan manis seperti mangga. Sebenarnya, seperti apakah aturan untuk mengonsumsi mangga bagi penderita diabetes?

5 Tips Makan Mangga Bagi Penderita Diabetes

Mangga masih boleh dikonsumsi penderita diabetes

Pakar kesehatan dari American Association for Diabetes menyebut penderita diabetes harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi mangga. Dokter bisa memastikan apakah kondisi kesehatan mereka masih aman atau tidak untuk mengonsumsi buah ini.

Hal ini disebabkan oleh mangga yang memiliki kandungan gula alami. Memakannya dalam jumlah banyak tentu bisa menyebabkan lonjakan kadar gula dengan cepat pada penderita diabetes.

Jika dokter membolehkan, penderita diabetes juga harus bertanya tentang seberapa banyak porsi dari buah yang bisa dikonsumsi. Selain itu, mereka juga harus benar-benar lebih cermat dalam memperhatikan berbagai hal sebelum makan mangga demi menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum makan mangga

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk memperhatikan lima hal sebelum memutuskan untuk makan mangga demi mencegah datangnya komplikasi yang berbahaya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Berikut adalah berbagai hal tersebut.

  1. Cek gula darah terlebih dahulu sebelum memakannya

Sebelum mengonsumsi mangga atau beberapa jenis buah lainnya yang memiliki rasa yang manis, kita harus mengecek kadar gula darah terlebih dahulu.

Biasanya, penderita diabetes memiliki peralatan sendiri untuk melakukan pengecekan tekanan darah secara berkala di rumah. Jika hasil pengecekan kadar gula darah mandiri ini membuktikan bahwa kadar gula darah cenderung konsisten di angka tinggi, sebaiknya kita menghindari mangga atau buah-buahan manis lainnya.

  1. Pilihlah mangga yang tidak terlalu matang

Mangga yang paling nikmat memang yang sudah benar-benar matang karena rasanya pasti manis, namun mangga jenis ini biasanya memiliki kadar gula alami yang tinggi sehingga bisa memicu dampak buruk bagi penderita diabetes.

Pakar kesehatan menyarankan mereka untuk memilih mangga yang tidak terlalu matang. Mangga jenis ini biasanya dipakai sebagai bahan rujak dan kadar gulanya tidak begitu tinggi sebagaimana mangga yang sudah matang. Mengonsumsinya tentu tidak akan memicu lonjakan kadar gula darah.

  1. Mangga dikonsumsi langsung, bukannya dijadikan jus

Banyak orang yang sengaja menjadikan mangga sebagai jus agar bisa dikonsumsi sebagai minuman yang nikmat dan menyegarkan. Sayangnya, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi jus mangga.

Mereka lebih direkomendasikan untuk mengonsumsi mangga secara langsung karena proses pengolahan mangga menjadi jus biasanya membuat kandungan serat buah ini hancur. Padahal, tubuh penderita diabetes membutuhkan serat yang bisa memperlambat peningkatan kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi mangga secara utuh, maka proses pelepasan gula di dalam tubuh tidak akan berlangsung dengan cepat sehingga tentu akan jauh lebih aman bagi penderita diabetes.

  1. Mangga bisa dijadikan camilan di antara waktu makan

Alih-alih mengonsumsi camilan tidak sehat yang tinggi kalori atau tinggi gula, mangga yang tinggi nutrisi memang bisa dijadikan pilihan yang lebih baik, termasuk bagi penderita diabetes. Hanya saja, mereka juga harus cermat dalam menghitung kalori saat makan besar sehingga tidak akan memicu lonjakan kadar gula darah. Selain itu, pastikan untuk membatasi konsumsi mangga.

  1. Mengurangi asupan karbohidrat

Jika penderita diabetes ingin makan mangga, sebaiknya mereka mengurangi asupan karbohidrat berupa nasi putih atau pasta demi menjaga asupan kalori harian agar tidak berlebihan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi