Suka Makanan Laut Tapi Takut Kolesterol? Begini Tipsnya

cumi_tinta_kolesterol_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Toshiyuki IMAI

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang dianggap sebagai biang keladi masalah kolesterol tinggi adalah makanan laut. Masalahnya adalah makanan laut memiliki rasa yang sangat enak sehingga kita seperti tidak kuasa untuk menolaknya. Untungnya, agar tidak mudah terkena masalah kolesterol tinggi, kita hanya perlu memperhatikan berbagai hal ini saat akan mengolah makanan laut.

Demi mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak menggoreng makanan laut. Alih-alih menggorengnya, akan jauh lebih baik jika kita memanggang, merebus, mengukus, atau menumisnya dengan sedikit minyak. Ada banyak makanan laut yang tidak digoreng namun sangat nikmat. Sebagai contoh, udang panggang, kerang rebus, hingga pepes ikan tentu masih tetap memiliki rasa yang nikmat, bukan?

Jika kita ingin membuat makanan laut memiliki cita rasa yang jauh lebih nikmat, ada baiknya tidak menambahkan garam dan menggantinya dengan bumbu atau rempah-rempah lainnya. Sebagai contoh, jika kita menambahkan bawang putih, maka kandungan di dalamnya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL.

Kita juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C dan flavonoid yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Saat mengonsumsi makanan laut, pastikan untuk menyandingkan bahan makanan sehat seperti sayuran dan kacang-kacangan sebagai makanan pendamping. Sebagaimana kita ketahui, serat memiliki peran besar dalam mencegah kenaikan kadar kolesterol tubuh dan membantu proses pembuangan kolesterol jahat. Kita juga bisa mengonsumsi buah sebelum atau setelah mengonsumsi makanan laut demi mendapatkan manfaat ini.

Meskipun kita sudah mengolahnya dengan cara yang sehat, ada baiknya kita juga memperhatikan porsi makanan laut yang kita konsumsi. Sebagai contoh, batasi udang maksimal 35 gram atau 5 ekor dengan ukuran sedang, satu ekor cumi ukuran sedang dengan berat 45 gram, dan kerang maksimal 90 gram. Dengan membatasi asupan makanan laut, maka kita tentu tidak akan mudah terkena masalah kolesterol tinggi.

Selain membatasi porsinya, pastikan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan laut demi mencegah datangnya masalah kolesterol tinggi.