Tips Makan Gorengan Sehat Tanpa Khawatir Kolesterol

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Gorengan adalah salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Di musim hujan seperti sekarang ini misalnya, gorengan biasanya laris-manis karena dicari masyarakat sebagai camilan atau lauk makan. Sayangnya, terlalu sering mengonsumsi gorengan bisa memicu kenaikan kadar kolesterol jahat yang tentu sangat berbahaya. Sebaiknya, ketahui tips makan gorengan!

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita masih tetap bisa mengonsumsi gorengan. Hanya saja agar tidak mudah menaikkan kadar kolesterol darah, ada baiknya kita membuatnya sendiri. Cara ini tentu akan jauh lebih sehat karena kita bisa menentukan porsi dan bahan-bahannya, serta menggunakan minyak yang jauh lebih sehat dan berkualitas.

Hal ini tentu berbeda dengan jika kita mengonsumsi gorengan yang dibeli dari pinggir jalan karena bisa jadi gorengan ini diolah dengan minyak yang sudah berulang kali dipakai hingga warnanya menghitam.

Sebenarnya, selain bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, mengonsumsi gorengan terlalu sering juga bisa menyebabkan efek kesehatan lain, yakni meningkatnya risiko terkena obesitas dan diabetes. Sebagai informasi, tepung yang dipakai dalam gorengan akan diolah tubuh menjadi gula dan mampu meningkatkan kadar gula darah. Jika kita terlalu sering mengonsumsinya dalam jumlah banyak, maka risiko diabetes tentu akan meningkat tajam.

Ada sekitar 50 persen penderita penyakit jantung ternyata juga memiliki riwayat diabetes. Masalahnya adalah penderita penyakit jantung yang juga memiliki riwayat diabetes ternyata juga memiliki masalah saraf neuropati yang tentu akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi tubuh.

Melihat adanya fakta ini, pencinta gorengan memang sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi camilan yang renyah dan nikmat untuk dikonsumsi saat kondisi hangat ini. Tips makan gorengan yaitu memastikan untuk mengolahnya sendiri dengan memakai minyak berkualitas atau menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat. Sebagai contoh, kita bisa membuat gorengan dari sayuran seperti brokoli atau sayuran lain yang tentu jauh lebih sehat.

Demi mencegah datangnya masalah kolesterol tinggi, kita juga sebaiknya menghindari makanan cepat saji, makanan bersantan dan tinggi lemak, serta lebih rajin minum air putih. Demi membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, kita juga sebaiknya rajin berolahraga setiap hari.