Tips Makan dan Minum Saat Liburan Agar Nggak Mudah Sakit

makan-lapar-hujan-doktersehat
Photo Source: Flickr/ Rod Waddington

DokterSehat.Com– Libur telah tiba. Di akhir tahun ini, kita bisa menikmati libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk mudik ke kampung halaman atau pergi liburan ke tempat yang menarik. Hanya saja, karena saat ini sedang musim hujan, maka kita pun akan lebih rentan terkena hujan atau hal-hal lain yang bisa membuat kita jatuh sakit. Demi mencegah datangnya penyakit, pakar kesehatan pun meminta kita untuk menjaga pola makan dan minum yang sehat.

Memperhatikan pola makan saat liburan

Selain makan dengan teratur, kita juga harus memperhatikan pola makan yang tepat saat liburan agar mendapatkan sumber energi, tetap fit, dan tidak mudah jatuh sakit.

Berikut adalah beberapa hal yang patut untuk kita perhatikan saat liburan.

  1. Memperhatikan jenis makanan

Saat liburan, kita harus pandai-pandai memilih makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Sebagai contoh, kita sebaiknya tidak sembarangan dalam minum air putih. Jika perlu, belilah air putih kemasan yang bisa dipastikan kehigienisan dan tingkat kematangannya. Selain itu, kita juga sebaiknya berhati-hati jika ingin memesan minuman. Sebagai contoh, bisa jadi es yang digunakan dalam minuman yang kita pesan tidak dibuat dari air matang.

Selain minuman, ada baiknya kita juga memperhatikan apa yang kita makan. Sebagai contoh, jangan sembarangan mengonsumsi makanan dari bahan keju, mayones, atau makanan prasmanan karena bisa jadi makanan-makanan ini telah dihinggapi oleh bakteri.

  1. Jangan sembarangan makan di jajanan kaki lima

Saat mengunjungi suatu tempat atau tempat wisata, rasanya ada yang kurang jika kita tidak mencicipi jajanan kaki lima khas dari daerah tersebut. Sayangnya, terkadang makanan dari jajanan kaki lima tidak higienis, terpapar oleh debu dan kotoran, atau tidak dimasak hingga benar-benar matang. Selain itu, terkadang peralatan makan yang disediakan juga mudah terpapar kotoran, bakteri, atau bahkan dihinggapi lalat sehingga tentu tak lagi higienis.

Kita sebaiknya memperhatikan berbagai hal tersebut dan memilih jajanan kaki lima yang terlihat higienis dan bersih. Selain itu, kita juga bisa meminta rekomendasi dari internet atau media sosial sehingga bisa memilih tempat makan yang tepat, aman, dan sehat.

  1. Jangan lupa mencuci tangan

Banyak orang yang sembarangan makan meski tangannya baru saja menyentuh berbagai macam benda saat liburan. Padahal, hal ini bisa membuat tangan dipenuhi dengan bakteri atau kuman yang bisa saja menyebabkan datangnya penyakit. Pastikan untuk mencuci tangan setiap kali sebelum makan. Jika tidak ada tempat mencuci tangan dengan sabun, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer yang kita bawa dari rumah. Hanya saja, kita harus melakukannya tak hanya saat sebelum makan, melainkan saat akan mengonsumsi camilan, termasuk saat berada di perjalanan.

  1. Memperhatikan nutrisi pada makanan yang kita konsumsi

Meski sedang liburan, bukan berarti kita bisa sembarangan makan tanpa memperhatikan asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang. Sebagai contoh, jangan lupa untuk selalu memakan asupan serat layaknya sayur atau buah-buahan. Sayuran pasti tersedia di berbagai tempat makan. Selain itu, buah juga bisa ditemukan di berbagai tempat, baik itu pasar tradisional hingga di pasar swalayan. Selain itu, jangan sembarangan mengonsumsi camilan manis atau kaya akan kandungan garam. Batasi juga konsumsi minuman manis.

  1. Memperhatikan diet khusus

Jika kita sedang menerapkan diet khusus seperti saat ingin menurunkan berat badan, pastikan untuk memilih makanan yang tepat. Selain itu, jangan sembarangan memilih makanan jika kita memiliki alergi pada makanan tertentu.