Tips Makan Buah bagi Penderita Asam Lambung

lambung-doktersehat

DokterSehat.Com– Penderita asam lambung tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan, termasuk dalam hal mengonsumsi buah-buahan. Meski tergolong dalam makanan yang baik bagi kesehatan, jika sampai penderita asam lambung tidak cermat dalam mengonsumsi buah-buahan, bisa jadi gejala masalah kesehatan yang dideritanya akan kambuh.

Penderita Asam Lambung Harus Lebih Cermat dalam Memilih Buah-Buahan

Sebenarnya, masalah asam lambung atau maag tidak bisa disebut sebagai penyakit. Kondisi ini menunjukkan sekumpulan gejala kesehatan seperti sensasi terbakar pada ulu hati, kembung, dan berbagai masalah lainnya.

Berikut adalah beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh penderita masalah asam lambung.

  1. Tomat

Masih banyak orang yang memperdebatkan apakah tomat tergolong sayur atau buah-buahan. Satu hal yang pasti, tomat sering kita konsumsi karena bisa dijadikan campuran masakan. Tomat juga bisa dijadikan jus atau camilan yang menyegarkan.

Meskipun tinggi kandungan nutrisi, pakar kesehatan menyebut penderita masalah asam lambung sebaiknya tidak sembarangan makan tomat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam sitrat dan asam malat yang bisa memicu munculnya gejala maag. Hal ini tentu akan memicu sensasi tidak nyaman pada perut.

  1. Buah dari Keluarga Sitrus

Buah dari keluarga sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain-lain dikenal memiliki rasa sedikit masam. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam di dalamnya. Buah-buahan ini tinggi kandungan vitamin dan antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh, namun bagi penderita asam lambung, hal ini bisa menyebabkan munculnya gejala masalah kesehatan ini.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine, Seoul Paik Hospital, Inje University College of Medicine, Seoul, Korea pada 2010 silam, disebutkan bahwa 67 persen dari 382 partisipan mengaku merasakan gejala maag setelah mengonsumsi jeruk.

Beberapa Buah yang Justru Baik Bagi Penderita Asam Lambung

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis buah-buahan yang baik bagi penderita asam lambung.

Berikut adalah buah-buahan tersebut.

  1. Buah Pisang

Pisang sering dianggap sebagai buah yang cocok untuk program diet. Dalam realitanya, buah ini memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bisa memberikan manfaat kesehatan, termasuk bagi orang-orang yang mengidap masalah asam lambung.

Pakar kesehatan menyebut pisang sebagai buah dengan kadar keasaman yang rendah, yakni di angka 4,5 hingga 5,2. Kandungan asam yang rendah ini bahkan disebut-disebut bisa menetralkan asam lambung. Pisang juga tergolong buah yang mudah ditelan sekaligus membuat pencernaan menjadi lebih nyaman. Kandungan seratnya yang tinggi juga akan membuat laju pencernaan semakin lancar.

  1. Buah Apel

Apel tinggi kandungan serat, magnesium, kalsium, dan natrium yang bisa mendukung fungsi pencernaan sekaligus meredakan gejala dari masalah asam lambung. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan penderita masalah maag untuk tidak mengonsumsi apel hijau karena sifatnya yang cenderung lebih asam.

  1. Buah Melon

Buah melon yang manis dan menyegarkan ini ternyata bisa membantu meredakan masalah asam lambung karena memiliki sifat basa. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam buah melon juga cukup tinggi. Mengonsumsinya bisa membantu menyediakan 7,8 gram karbohidrat, protein sebanyak 0,6 gram, dan serat sebanyak 1 gram.

  1. Buah Pepaya

Sebagaimana pisang, pepaya juga dikenal luas sebagai buah yang baik bagi kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan papain di dalam pepaya yang bisa membantu menetralisir kondisi asam lambung. Selain itu, rutin mengonsumsinya juga akan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Sumber:

  1. Kim, YK. 2010. The relationship between the popular beverages in Korea and reported postprandial heartburn. nlm.nih.gov. (Diakses pada 7 September 2019).