Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika waktu libur tiba, tak sedikit orang yang menggunakannya untuk berekreasi ataupun traveling. Akan tetapi, berlibur ke tempat wisata tidaklah selalu berjalan mulus.

Tips Sehat Saat Liburan Agar Lebih Menyenangkan

Sebab, ada banyak gangguan yang bisa Anda hadapi, bahkan bisa merusak suasana liburan Anda, sebut saja paparan sinar matahari maupun gangguan binatang. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

  • Melindungi Luka dari Cuaca Panas

Saat ingin berlibur ke suatu tempat wisata, kadangkala lebih menyenangkan jika pergi ketika cuaca sedang cerah atau panas. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang sedang memiliki luka di tubuh. Sebab, saat cuaca sedang panas, Anda tentunya akan mengenakan pakaian tertutup agar kulit tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasinya, bersihkan luka secara menyeluruh dan gunakan pembalut yang steril. Jangan lupa untuk selalu memeriksanya setiap hari.

  • Terbakar Sinar Matahari

Meskipun banyak orang yang menjauhi paparan sinar matahari secara langsung, namun tidak sedikit juga yang gemar melakukan aktivitas berjemur di bawah sinar matahari. Akan tetapi, jika kulit Anda terbakar secara berlebih, maka Anda bisa membasuhnya dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, oleskan lidah buaya secara merata pada bagian kulit yang terbakar.

  • Gigitan dan Sengatan Binatang

Hal ini berlaku bagi Anda yang sedang berlibur ke sebuah pantai dan sedang menikmati aktivitas berenang maupun snorkeling. Biasanya, pada saat Anda melakukan aktivitas tersebut, tanpa sengaja Anda mungkin menginjak bulu babi atau tersengat ubur-ubur dan binatang laut lainnya. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu aktivitas laut Anda yang menyenangkan. Bahkan, Anda akan merasakan sakit pada bagian tubuh Anda yang telah tersengat atau tergigit binatang laut. Untuk mengatasinya, Anda bisa merendamnya dengan air panas, lalu lepaskan bulu babi yang menempel pada bagian tubuh yang tertusuk dengan menggunakan pinset. Jika cara tersebut tidak bekerja, Anda harus segera memeriksanya ke dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi