4 Tips Menikmati Diet Agar tidak Terasa Menyiksa

Diet-terkenal-tak-turunkan-BB-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Keinginan memiliki bentuk tubuh yang ideal membuat kebanyakan orang berlomba-lomba untuk melakukan program diet, terutama kaum hawa. Sebab, diet adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang sangat ampuh dan efektif. Sampai saat ini, sudah banyak fakta menunjukkan jika diet ternyata memang benar-benar bisa menurunkan berat badan seseorang.

Namun, dalam menjalani diet pun tidak semudah yang dibayangkan. Kebanyakan orang gagal diet karena tidak bisa menahan dirinya untuk mengurangi jumlah makanan. Sebab, bagaimanapun juga tubuh membutuhkan asupan makanan. Tentunya jika jumlahnya dikurangi, tubuh akan cukup tersiksa dengan rasa lapar dan lemas yang dihasilkan.

Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini agar diet menjadi menyenangkan dan tidak menyiksa lagi.

1. Motivasi Diri

Pertama-tama, Anda harus memiliki motivasi yang akan membakar semangat Anda untuk diet. Motivasi tersebut nantinya akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan tahan akan tantangan ketika diet. Pasalnya, diet bukanlah sesuatu yang dilakukan sehari atau dua hari saja, tapi berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Untuk itu, bulatkan niat dan tumbuhkan motivasi dalam diri Anda.

2. Tentukan Jenis Diet yang Tepat

Sampai saat ini, ada banyak jenis diet yang bisa Anda lakukan, mulai dari diet mayo, diet keto, diet vegan, dan masih banyak lagi. Namun, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Ada baiknya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan diet. Ketika diet yang dilakukan sudah tepat, maka Anda akan melakukannya dengan sangat mudah sampai hasilnya tiba.

3. Nikmati Makanan yang Dikonsumsi

Setelah menentukan jenis diet apa yang akan dilakukan, maka selanjutnya nikmatilah proses diet itu. Salah satunya juga menikmati makanan yang sedang Anda konsumsi. Makan secara perlahan akan membuat usus dan lambung Anda bekerja dengan baik sehingga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan rasa lapar lagi.

4. Perbanyak Air Putih

Inilah yang penting dilakukan ketika sedang diet. Air putih sangat penting bagi kehidupan manusia, sebagaimana komposisi air putih di dalam tubuh mencapai 60 persen. Maka dari itu, memperbanyak air putih adalah pilihan tepat. Selain menyehatkan, air putih pun bisa membuat Anda menjadi lebih kenyang sehingga terhindar dari rasa lapar yang menyiksa.