Terbit: 2 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Ketidaknyamanan pada kehamilan lainnya adalah sering berkemih, sakit kepala, dan bengkak pada gusi.

Tips Ketidaknyamanan pada Kehamilan – Sering Berkemih, Sakit Kepala, dan Bengkak pada Gusi

Sering buang air kecil pada kehamilan
Ketika bayi bertumbuh, rahim membesar menekan kandung kemih Anda, menyebabkan kencing yang sering, terutama  selama trimester pertama. Ini akan terjadi lagi pada trimester ketiga, saat kepala bayi turun ke panggul sebelum lahir.

Rekomendasi:

  • Jangan memakai celana dalam atau celana yang ketat.
  • Jika Anda merasakan berkemih seperti terbakar atau tersengat, itu bisa menjadi pertanda infeksi saluran kemih. Segera hubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengobatinya.

Sakit kepala saat kehamilan
Sakit kepala bisa terjadi kapan saja selama kehamilan. Sakit kepala saat kehamilan dapat disebabkan oleh ketegangan, hidung tersumbat, sembelit, atau dalam beberapa kasus, preeklamsia (terdeteksi setelah usia kehamilan 20 minggu).

Rekomendasi:

  • Letakkan es di dahi atau bagian belakang leher Anda.
  • Istirahat, duduk, atau berbaringlah dengan tenang di ruangan dengan cahaya rendah. Tutup mata Anda dan coba rilekskan punggung, leher, dan bahu Anda.
  • Obat pereda nyeri kepala yang dapat dibeli bebas seperti paracetamol dapat membantu. Jangan membeli obat selain paracetamol karena belum tentu aman untuk kehamilan. Tapi jika sakit kepala Anda tidak hilang, parah, membuat Anda mual, atau mempengaruhi penglihatan Anda, beritahu dokter Anda, karena bisa jadi itu merupakan gejala preeklamsia (keracunan kehamilan).

Pendarahan dan bengkak pada gusi saat kehamilan
Anda mungkin tidak mengharapkan kehamilan mempengaruhi mulut Anda. Tapi sirkulasi darah dan kadar hormon Anda bisa membuat gusi Anda terasa nyeri dan bengkak, dan lebih mudah berdarah. Anda mungkin juga mengalami pendarahan hidung.

Rekomendasi:

  • Lakukan pemeriksaan gigi di awal kehamilan Anda untuk memastikan gigi dan mulut Anda sehat. Kunjungi dokter gigi Anda jika Anda merasakan ada masalah tertentu.
  • Sikat gigi Anda, lakukan floss secara teratur dan bilas setiap hari dengan obat kumur antiseptik.
Tips Ketidaknyamanan pada Kehamilan – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi