Terbit: 2 November 2017 | Diperbarui: 27 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Ketika hamil, Anda akan sering mengalami berbagai macam ketidaknyamanan – beberapa ketidaknyamanan akan mereda, namun ada juga yang menetap selama kehamilan. Beberapa mungkin terjadi pada minggu-minggu awal, sementara yang lainnya muncul lebih dekat pada saat persalinan. Beberapa ketidaknyamanan mungkin datang awal dan kemudian pergi, dan kemudian hadir lagi di kehamilan akhir.

Tips Ketidaknyamanan pada Kehamilan – Perubahan Payudara

Setiap kehamilan wanita itu unik, jadi Anda mungkin tidak mengalami semua hal yang dijelaskan dalam artikel ini. Seperti biasa, jika Anda merasakan ada ketidaknyamanan, ceritakan kepada dokter Anda. Rasa nyeri yang tercantum di bawah ini dianggap sebagai bagian normal kehamilan.

Perubahan payudara pada kehamilan
Kebanyakan wanita hamil akan merasakan perubahan pada payudara mereka. Payudara akan membesar seiring dengan pertambahan kelenjar susu dan jaringan lemak, menyebabkan payudara mengeras dan nyeri saat ditekan biasanya terjadi selama bulan-bulan pertama dan bulan akhir kehamilan. Vena berwarna kebiruan mungkin juga muncul saat suplai darah Anda meningkat. Puting susu Anda juga bisa menjadi gelap, dan terkadang cairan tebal yang disebut kolostrum bisa bocor dari payudara Anda. Semua perubahan ini adalah hal yang normal.

Rekomendasi:

  • Pakailah bra yang menyokong dengan kuat.
  • Pilih bra katun atau bra yang terbuat dari serat alami.
  • Beli bra yang lebih besar dari ukuran sebelum hamil saat payudara Anda menjadi lebih besar dan penuh. Bra Anda harus sesuai dengan payudara Anda tanpa mengganggu puting susu Anda. Cobalah bra untuk ibu hamil atau menyusui, yang memberi sokongan lebih dan bisa digunakan setelah kehamilan jika Anda memilih untuk menyusui.
  • Coba kenakan bra di malam hari.
  • Sisipkan saputangan katun atau kain kasa ke dalam setiap cup bra untuk menyerap cairan bocor yang sewaktu-waktu dapat keluar dari puting. Anda juga bisa membeli bantalan menyusui di apotek atau toko bersalin/ toko bayi yang sesuai dengan bra Anda. Pastikan mengganti bantalan ini agar kulit tidak teriritasi.
  • Cuci payudara dengan air hangat dan sabun ringan yang tidak menimbulkan kekeringan pada kulit.
Tips Ketidaknyamanan pada Kehamilan – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi