Terbit: 1 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini kita tentu sering melihat tips kesehatan di berbagai media online. Tips-tips ini bahkan dilengkapi dengan berbagai obat alternatif yang dianggap lebih aman bagi kesehatan. Sayangnya, tidak semua tips ini benar dan justru bisa jadi membahayakan kesehatan.

Ikuti Tips Kesehatan Online, Pria Ini Malah Terkena Serangan Jantung

Dilansir dari Oddity Centreal, seorang pria berusia 58 tahun dari Harbin, Tiongkok, bernama Zhou Xin menjadi korban dari info kesehatan palsu di internet. Saat itu, ia melihat berita viral tentang tips menghadapi hari-hari terpanas di tahun ini. Sayangnya, di tips ini, disebutkan bahwa obat-obatan tidak akan bekerja dengan maksimal pada hari-hari terpanas tersebut. Zhou pun memilih untuk tidak mengonsumsi obat untuk penyakit jantung kronis yang dideritanya selama 3 hari sejak 17 Juli 2018 lalu.

Sayangnya, pada 26 Juli 2018 lalu, tindakannya mengikuti tips berita hoaks ini membuatnya terkena serangan jantung. Serangan ini terjadi saat Zhou makan malam dengan rekan-rekannya. Zhou tiba-tiba saja mengalami nyeri dada dan kehilangan kesadaran sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Xu Shanshan dari First Hospital di Harbin, Tiongkok menyebutkan bahwa Zhou adalah salah satu korban dari berita hoaks “Tiga hari terpanas di tahun ini, jangan minum obat untuk penyakit jantung.” Di minggu sebelumnya, ada tiga kasus serangan jantung yang disebabkan oleh hal yang sama. Ketiga korban ini meninggal akibat hal ini.

Xu dan pakar kesehatan dari rumah sakit tersebut meminta seluruh pasien penyakit jantung untuk selalu mengonsumsi obat-obatannya sesuai dengan saran dokter. Ia juga meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan berita-berita hoaks yang justru bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Alih-alih percaya dengan info tips kesehatan dari internet, ada baiknya kita selalu bertanya kepada dokter jika ragu akan sesuatu hal agar tidak mengalami nasib seperti Zhou.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi