4 Tips Menjaga Kejantanan Pria

doktersehat penis bau

DokterSehat.Com– Tak hanya wanita saja yang perlu menjaga dan merawan organ intimnya, pria pun seharusnya juga demikian. Sebab, organ intim yang selalu dijaga dan dirawat akan memberikan segudang manfaat, mulai dari terhindar penyakit kelamin sampai kejantanan yang tetap prima.

Sebab, bagaimanapun juga seorang pria akan dianggap jantan ketika organ intimnya sehat dan bisa difungsikan sebagai mana mestinya. Nah, untuk menjaga serta merawat organ intim sebenarnya mudah dan simpel, hanya saja tak sedikit orang yang mengabaikannyan.

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa cara menjaga organ intim pria.

1. Dibersihkan Secara Rutin

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menjaga kejantanan adalah urusan kebersihan. Ya, kebersihan organ intim adalah hal yang mutlak, alias tidak bisa ditawar. Dengan menjaga kebersihan, organ intim akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kelamin. Cara membersihkannya bisa dengan membilas setelah buang air kecil ataupun setelah melakukan hubungan seksual.

2. Berhenti Rokok dan Alkohol

Cara selanjutnya adalah menjauhi rokok dan minuman beralkohol. Sebab, kedua produk tersebut memang tidak ada manfaatnya, apalagi untuk organ intim. Merokok dan alkohol dipercaya bisa menciptakan masalah pada kelamin, seperti menurunnya kejantanan saat ereksi. Bahkan, bisa menyebabkan impotensi permanen jika sudah dalam tahap akut.

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Jika Anda jarang berolahraga, maka sebaiknya lakukan aktivitas ringan di kantor untuk meregangkan otot di dalam tubuh, misalnya dengan berjalan atau naik turun tangga. Hal ini terbilang cukup efektif dalam menjaga kebugaran tubuh dan kejantanan organ intim.

4. Kelola Stres

Tahukah Anda bahwa ternyata penyebab kejantanan menurun bukan hanya faktor fisik saja, melainkan faktor pikiran juga. Ketika sedang stres, sebagian besar organ di dalam tubuh tak bisa berfungsi normal, termasuk organ intim. Maka dari itu, kelola stres dengan baik. Anda bisa rileksasi atau melakukan hal yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, berkebun, atau menulis.