7 Cara Sehat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

trimester-1-kehamilan-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat tiga bulan pertama atau trimester awal kehamilan pasca implantasi janin, wanita sering mengalami masalah pada tubuhnya. Yang paling sering terjadi adalah perasaan lemak yang sangat kuat dan berjalan terus-menerus. Selanjutnya beberapa wanita juga sering mengalami nyeri di perut dan mual berkali-kali khususnya saat pagi.

Tips Jalani Trimester Pertama Kehamilan

Penurunan kesehatan fisik pada wanita bisa berdampak besar pada kehidupannya. Kondisi ini bisa mengganggu kondisi dari janin yang n tumbuh. Oleh karena itu, wanita disarankan melakukan beberapa hal di bawah ini agar kesehatan tubuh mengalami peningkatan dan kehamilan saat trimester pertama tidak alami gangguan.

  1. Istirahat Harus Cukup Setiap Hari

Pada trimester awal kehamilan biasanya seorang wanita akan mudah sekali mengalami lemas dan pusing. Mereka tidak bisa melakukan aktivitas terlalu berat dan cenderung lebih banyak tidur. Kalau Anda sering mengalami kondisi ini manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin karena kalau sudah mual dan pusing kadang susah untuk tidur.

Kondisi morning sickness ini memang wajar terjadi karena sensitivitas wanita meningkat. Meski demikian, wanita tidak bisa hanya diam saja. Sesekali wanita juga harus melawan rasa malas dan lemas yang muncul. Dengan melakukan ini siklus harian akan berjalan dengan lebih lancar.

  1. Nutrisi yang Masuk ke Tubuh Harus Seimbang

Wanita yang hamil muda akan susah sekali makan dalam jumlah banyak dan cenderung sering muntah. Kondisi ini akan jadi sangat buruk kalau terlalu berlarut-larut. Wanita harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik bagaimanapun caranya.

Perbanyak makanan dan minuman yang bisa diterima oleh tubuh. Kalau masih merasa kekurangan nutrisi bisa minum susu untuk menambah protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan memberikan efek kenyang.

  1. Tetap Menjalankan Olahraga secara Rutin

Wanita yang hamil muda memang lebih malas dalam melakukan aktivitas. Kondisi ini kalau terus dituruti bisa menyebabkan gangguan pada tubuh dan rasa tidak nyaman semakin datang. Selain itu ketakutan pada keguguran yang dialami oleh janin juga membuat wanita lebih banyak bermalas-malasan saja di rumah.

Meski ada ketakutan, ada baiknya Anda tetap melakukan olahraga setiap harinya secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin, Anda bisa mempertahankan kondisi tubuh menjadi lebih baik dan pertumbuhan janin berjalan lancar. Selain itu olahraga juga membuat daya tahan tubuh naik sehingga Anda jarang sekali sakit.

  1. Hindari Apa Saja yang Memicu Mual dan Muntah

Wanita yang sedang hamil muda akan mudah sekali mengalami gangguan pada tubuhnya. Saat pagi hari mereka akan mengalami morning sickness sehingga tubuh kerap mengalami mual, muntah, pusing, dan perasaan tidak nyaman lainnya. Kondisi ini bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan mengalami gangguan.

Wanita yang sering mengalami morning sickness biasanya susah makan sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami penurunan. Kalau Anda terbiasa pusing dan mual di pagi hari, sebaiknya hindari hal-hal yang memicunya. Beberapa wanita tidak tahan dengan aroma nasi, aroma rokok, hingga aroma keringat suaminya. Kenali penyebabnya agar bisa mengendalikan morning sickness.

  1. Tidak Melakukan Kontak dengan Hewan Peliharaan

Wanita yang sedang hamil muda sangat sensitif dengan apa yang dipegangnya. Penyakit juga mudah masuk ke dalam tubuh sehingga kemungkinan terjadi infeksi pada janin akan besar. Oleh karena itu, hindari melakukan kontak langsung dengan sesuatu yang berbahaya termasuk hewan tertentu untuk sementara waktu.

Beberapa hewan yang sangat dilarang untuk disentuh adalah kucing. Meski kucing terlihat bersih, masih ada kemungkinan terjadi infeksi toksoplasma. Kalau Anda memelihara kucing jauhkan kucing dari kamar atau letakkan di lokasi tersendiri. Kalau ada kotoran kucing, minta pasangan segera membersihkannya agar peluang terjadi infeksi jadi kecil.

  1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Sehat juga berhubungan dengan apa yang dikenakan oleh wanita selama mereka hamil. Begitu tubuh mengalami implantasi, kemungkinan besar perubahan masif akan terjadi. Perut tentu akan membesar termasuk juga payudara. Kalau Anda tetap menggunakan pakaian yang tidak nyaman, tubuh akan sangat tersiksa.

Begitu kehamilan sudah dideteksi segera persiapkan pakaian untuk hamil mulai dari celana dalam sampai celana luar dan atasan. Dengan mempersiapkan hal itu Anda bisa menjalani hari-hari kehamilan dengan lebih nyaman. Anda bisa beristirahat dengan baik setiap malam dan tidak mudah lemas.

  1. Rutin Mengunjungi Dokter Kandungan

Hal penting terakhir yang harus benar-benar dilakukan kalau ingin selalu sehat saat menjalani trimester pertama kehamilan adalah ke spesialis kandungan. Anda bisa melakukan hal ini sebanyak sebulan sekali atau mungkin lebih tergantung dengan kondisi janin yang sedang dikandung.

Dengan rutin mengunjungi dokter kandungan, Anda akan tahu kondisi terkini dan juga meminimalkan masalah yang terjadi. Selanjutnya, perkembangan janin dan kesehatan ibu akan berjalan dengan sempurna.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang sedang hamil muda atau sedang merencanakannya! Lakukan cara di atas dengan baik agar perjalanan trimester pertama bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya bersiaplah menjalani trimester lanjut yang tidak kalah mendebarkan.

 

 

Sumber:

  1. Harlin, Shantel. 2019. 10 Tips for Surviving the First Trimester of Pregnancy from a Mom of Three. https://www.kindredbravely.com/blogs/bravely/tips-for-first-trimester. (Diakses pada 13 November 2019)
  2. Baby Center UK. First trimester: your essential pregnancy to-do list. https://www.babycentre.co.uk/a1051123/first-trimester-your-essential-pregnancy-to-do-list. (Diakses pada 13 November 2019)
  3. What to Expect Editors. 2018. Your Guide to the First Trimester of Pregnancy. https://www.whattoexpect.com/first-trimester-of-pregnancy.aspx. (Diakses pada 13 November 2019)
  4. Gates, Marcella. 2018. The ultimate pregnancy to-do list: First trimester. https://www.babycenter.com/0_the-ultimate-pregnancy-to-do-list-first-trimester_10341205.bc. (Diakses pada 13 November 2019)