Sering Menjebak, Hindari Fad Diet dengan 5 Cara Mudah Ini!

doktersehat-diet

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang fad diet? Fad diet memang terdengar seperti salah satu nama diet, ya. Akan tetapi, fad diet ternyata adalah suatu golongan diet yang berbahaya dan justru harus dihindari.

Fad diet umumnya masih belum banyak dikenal, hal ini wajar karena fad diet merupakan penggolongan beberapa prinsip pada berbagai jenis diet, yang sebenarnya tidak sehat.

Fad diet menjadi penting diketahui, karena dengan memahami apa itu fad diet, maka kita bisa memahami batasan untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu jenis diet bagi kesehatan tubuh kita.

Mengapa fad diet harus dihindari?

Berbagai asosisasi kesehatan, seperti British Dietitian Association, sama sekali tidak menganjurkan untuk kita melakukan fad diet. Hal ini disebabkan fad diet adalah jenis diet yang:

  • Hanya mampu menurunkan berat badan, namun mengesampingkan efeknya bagi kesehatan
  • Berat badan yang turun tidak akan mampu dipertahankan
  • Asupan gizi kurang, karena diet dilakukan dengan sangat ketat
  • Berisiko mengganggu kesehatan, karena diet mempeberat metabolisme dan fungsi organ
  • Membuang waktu, tenaga dan uang

Lantas, bagaimana cara menghindari fad diet?

Menurut Academy Nutrition and Dietetic, agar kita tidak melakukan fad diet, hindari jenis diet yang memiliki salah satu prinsip di bawah ini:

1. Menjanjikan penurunan berat badan yang cukup banyak dalam waktu singkat

doktersehat-diet-medifastJika diet yang akan Anda lakukan menyebutkan mampu menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram dalam 1 minggu atau 10 kilogram dalam 10 hari, maka diet tersebut adalah salah satu jenis fad diet.

Diet yang menjanjikan penurunan berat badan drastis, bukanlah diet yang sehat. Hal ini akan memaksa tubuh berada pada kondisi defisit energi yang esktrem hingga merusak kerja berbagai organ tubuh.

Diet yang sehat adalah yang mengurangi 1-2 pound, setara 0,4-0,8 kilogram, dalam 1-2 minggu. Dengan angka ini, diet akan lebih sehat dan berat badan dapat dipertahankan.

2. Membatasi jenis bahan makanan yang boleh dimakan dengan sangat ketat dan terbatas

Photo Credit: Pexels

Hanya mengonsumsi 1-2 jenis makanan berkarbohidrat, menghindari konsumsi satu golongan makanan, atau hanya boleh mengonsumsi buah dan sayur yang terbatas, juga merupakan tanda fad diet. Hal ini hanya akan membuat tubuh kita berisiko mengonsumsi zat gizi yang terbatas.

Perlu diketahui diet yang sehat adalah jenis diet yang mengurangi kalori, bukan mengurangi kelengkapan zat gizi yang diperlukan tubuh setiap harinya.

3. Mengonsumsi kombinasi makanan yang tidak bergizi lengkap

Hanya mengonsumsi kombinasi makanan tertentu, misalnya karbohidrat dan sayur, atau makanan berlemak baik dan buah saja, adalah salah satu prinsip fad diet.

Hal ini akan berisiko membuat asupan gizi tidak lengkap dan berlebihan pada satu jenis zat gizi saja, yang justru dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

4. Menu atau pembagian waktu makan yang sulit untuk diterapkan

doktersehat-diet

Menu yang sulit diterapkan untuk makanan sehari-hari, karena pemilihan jenis yang ketat, atau jeda waktu makan yang sulit disesuaikan dengan kebiasaan pola hidup pada umumnya, juga merupakan tanda fad diet yang sebaiknya dihindari.

Diet yang sehat adalah diet yang bisa diterapkan sepanjang waktu, bukan hanya diterapkan dalam beberapa minggu, bulan atau tahun saja, sehingga pemilihan menu dan pengaturan waktu makan haruslah bisa dipertahankan dengan cukup baik.

5. Tidak menganjurkan olahraga sama sekali

Tidak menganjurkan aktivitas fisik menjadi salah satu tanda diet tersebut merupakan fad diet. Diet yang sehat hanya akan berhasil jika pengaturan makan juga diiringi dengan aktivitas fisik atau olahraga.