Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Usia bukanlah penghalang untuk tetap berolahraga. Sebab, bagaimanapun juga olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Hal ini juga berlaku dalam olahraga fitnes. Seperti yang diketahui, fitnes biasa dilakukan oleh anak-anak mudia, usia antara 20 sampai 30 tahun. Jarang kita temui orang kepala empat yang menggeluti olahraga beban yang satu ini.

4 Tips Fitnes untuk Anda yang Usianya di Atas 40 Tahun

Hal itu dikarenakan banyak orang berusia lanjut yang takut untuk melakukan olahraga di pusat kebugaran. Mereka merasa fisiknya sudah tak sekuat dulu, waktu masih mudah. Sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan olahraga yang ringan saja.

Padahal, anggapan itu tidaklah sepenuhnya benar. Sebab, jika Anda menerapkan trik dan tips fitnes aman, maka Anda tidak perlu takut lagi. Lantas, apa saja tips tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Mulai Perlahan

Bagi Anda yang usianya di atas 40 tahun dan ingin mengikuti fitnes, lakukanlah dengan perlahan. Dimulai dari gerakan-gerakan yang pelan, mengikuti kemampuan otot Anda. Sebab, jika langsung dengan gerakan yang kuat atau terlalu keras, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami cedera otot yang cukup menyakitkan.

2. Menggunakan Personal Trainer

Personal trainer atau instruktur merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan, khususnya bagi Anda yang baru menggeluti dunia kebugaran. Sebab, seorang personal trainer paham betul apa yang harus Anda lakukan serta bagaimana trik fitnes yang benar sesuai dengan usia masing-masing. Jadi, menggunakan personal trainer sangatlah penting.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Perhatikan Volume Latihan

Dalam melakukan latihan beban, Anda harus benar-benar memerhatikan volume bobot yang akan digunakan nanti. Jangan melakukan latihan dengan volume dan intensitas tinggi, jika Anda adalah seorang pemula, apalagi sudah tak muda. Sebaiknya, volume dan intensitas dikurangi sedikit mengikuti kemampuan otot.

4. Menjaga Pola Makan

Selanjutnya, Anda harus benar-benar menjaga pola makan. Sebab, bagaimanapun juga tubuh membutuhkan nutrisi yang bisa digunakan untuk mengganti energi yang terbuang ketika berlatih. Selain itu, usia Anda sudah tak muda lagi sehingga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup agar tubuh tetap bugar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi