Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat sedang menyetir mobil, tak lengkap rasanya jika tanpa mendengarkan musik. Sebab, mendengarkan musik sambil menyetir dianggap mampu menangkal rasa jenuh, bosan, dan lelah. Sampai sekarang, kebiasaan ini masih sering dilakukan dan seakan menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan.

Sering Dengarkan Musik Sambil Nyetir ? Perhatikan 4 Hal Ini!

Hal tersebut boleh-boleh saja, namun Anda perlu memperhatikan hal berikut ini ketika sedang mengendarai mobil sambil mendengarkan musik agar perjalanan Anda tetap aman:

1. Hindari Jenis Musik Berirama Slow dan Melow

Jenis musik slow dan mellow tidak cocok untuk dijadikan teman saat mengendari mobil, apalagi untuk berkendara jarak jauh. Hal ini dikarenakan musik dengan irama slow dan mellow bisa membuat mood Anda menjadi drop sehingga menimbulkan kantuk saat masih dalam perjalanan. Tentu saja, hal tersebut cukup berbahaya bagi keselamatan Anda.

2. Hindari Musik Bertempo Cepat

Sama halnya dengan musik berirama slow dan mellow yang harus Anda hindari saat berkendara, musik dengan irama tinggi dan cepat juga sebaiknya dihindari ketika berkendara. Jenis musik seperti rock, metal, hip hop dan sejenisnya dapat memacu adrenalin Anda. Akibatnya, Anda akan mengendari mobil dengan kecepatan tinggi sehingga dapat membahayakan keselamatan Anda.

3. Pengaturan Volume

Ketika mendengarkan musik di kamar, mungkin Anda akan menyetelnya dengan volume yang sangat kencang karena dianggap bisa membuat Anda lebih bersemangat. Namun, berbeda dengan ketika Anda mendengarkan musik saat berkendara.

Sebaiknya, perhatikan volume musik yang Anda dengarkan. Jangan setel musik dengan volume yang terlalu kencang karena bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara. Hal tersebut mengakibatkan Anda tidak mendengar kalkson mobil lain yang ada di belakang Anda.

4. Pilih Musik Jazz dan Klasik

Jika music dengan irama slow dan cepat sebaiknya dihindari ketika sedang mengendarai mobil, lalu jenis musik apa yang dianjurkan untuk didengarkan ketika berkendara? Jenis musik yang sebaiknya Anda pilih untuk menemani perjalanan Anda adalah jenis musik jazz dan klasik.

Kedua jenis musik tersebut dipercaya mampu membuat suasana menjadi sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan tempo musik jazz dan klasik pas dengan irama detak jantung manusia yakni antara 60-80 ketuk per menit. Sehingga, setak jantung bisa menjadi lebih tenang.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi