Tips Cegah Binge Eating

Sudah Makan Tapi Masih Lapar Terus

DokterSehat.Com– Tahukah Anda apa itu binge eating? Binge eating adalah salah satu kelainan kebiasaan makan yang penyebab terjadinya disebut sama dengan anoreksia atau bulimia, yaitu kesalahan pola pikir atau anggapan tentang kondisi fisik yang kemudian berpengaruh pada pola makan.

Jika pada anoreksia penderita merasa bersalah saat makan, pada binge eating ini orang justru tidak bisa berhenti makan. Salah satu pencetusnya adalah bisa jadi penderita binge eating tidak lagi merasa nyaman dengan bentuk tubuhnya, sehingga menjadi tidak peduli dengan apa yang dikonsumsinya, meskipun tidak selalu disebabkan oleh hal tersebut, namun penyebab terjadinya binge eating adalah kekeliruan anggapan atau pola pikir.

Untuk mencegah itu, WebMD menyebutkan dua tips yang bisa kita terapkan untuk mengatasi dan mencegah binge eating terkait dengan pola makan dan pemahaman, yaitu dengan:

  • Memahami body image dengan baik

  • Body image adalah pandangan seseorang tentang kondisi fisik tubuh yang ideal menurut mereka. Umumnya kita akan menganggap bahwa tubuh yang baik adalah tubuh seperti yang kita inginkan, padahal tubuh yang baik dan sehat adalah yang seimbang antara tinggi dan berat badan yang dihitung melalui indeks massa tubuh. Sehingga dengan memahami bahwa body image yang baik adalah body image yang sehat, pola pikir yang keliru bisa dicegah sehingga tidak sampai mengarah ke anoreksia atau binge eating.

  • Memahami pedoman makan sehat

  • Penerapan makan yang sehat bisa dilakukan dengan melihat piramida gizi seimbang atau piramida mediterania. Dengan pemahaman bahwa tubuh memerlukan berbagai makanan yang seimbang dan bervariasi untuk mendukung fungsi organ dan sistem tubuh, maka tentu pemahaman keliru yang bisa mengarahkan ke kebiasaan makan yang salah bisa dicegah.

Dengan membiasakan dan memahami pola hidup sehat dan mempertahankan kondisi fisik tubuh normal maka kita akan memiliki pola pikir yang sehat sehingga akan mencegah terjadinya kebiasaan makan yang salah, ya.