Mudah, Ini 3 Tips Buat Camilan dari Singkong yang Super Sehat!

Doktersehat-diet singkong
Photo Credit: Flickr.com/Bolita5

DokterSehat.Com– Anda penggemar singkong? Makanan jenis umbi-umbian yang sangat populer di masyarakat ini memang layak digemari banyak orang, ya.

Singkong tidak hanya memiliki kandungan gizi yang padat, namun juga memiliki rasa yang cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis camilan, jajanan, hingga masakan.

Bahkan, belakangan ini banyak jajanan kekinian, baik berupa camilan yang digoreng dengan tambahan bumbu, atau keripik dengan berbumbu khas.

keripik_singkong_doktersehat_2
Photo Source: Twitter/getukecomgl

Singkong yang dulu seolah dianggap sebelah mata, dengan perkembangan zaman menjadi camilan yang naik daun.

Kini dengan kemudahan memperoleh dan mengolah singkong, kita perlu tahu, bagaimana sih cara memilih atau mengolah singkong dengan cara yang super sehat.

Tips sehat mengolah singkong menjadi camilan yang sehat

Agar kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari singkong, beberapa hal yang perlu diperhatikan, adalah:

1. Perhatikan kebersihan dan cara mempersiapkan singkong dengan tepat

Jika Anda akan membeli atau membuat singkong, perhatikan kulitas singkong yang digunakan. Pilih singkong yang masih segar dan tidak rusak atau busuk.singkong_tapioka_doktersehat

Pastikan Anda mengupas kulit singkong hingga bersih dan merendamnya dalam air, sehingga kandungan senyawa berbahaya yang ada pada singkong bisa hilang.

2. Lengkapi sajian singkong dengan bahan makanan yang mengandung protein atau vitamin

Meskipun bukan termasuk karbohidrat sederhana, selalu ingat bahwa singkong adalah bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Menggunakan singkong sebagai camilan yang sehat berarti harus memosisikan singkong sebagai sumber karbohidrat yang tepat, ya.

Dimana asupan gizi dari camilan berkarbohidrat akan semakin baik jika dilengkapi dengan jenis zat gizi lain misalnya protein, atau vitamin dan mineral yang ada pada buah. Hal ini baik agar asupan gizi tubuh dari camilan bisa menjadi semakin lengkap, bukan?

3. Pilih metode pengolahan yang rendah lemak

Singkong sangat cocok diolah dalam banyak metode, untuk itu, Anda harus memanfaatkan betul hal ini agar manfaat singkong bisa dirasakan maksimal oleh tubuh.

www.flickr.com/ Richard Jones

Usahakan memilih singkong yang diolah dengan metode bebas lemak, misalnya singkong rebus, kukus, panggang atau singkong bakar.

Lantas, apa saja sih pilihan camilan sehat dari singkong?

Untuk dapat menerapkan tips camilan sehat dari singkong di atas, Anda bisa memilih beberapa sajian camilan di bawah ini!

Singkong panggang keju

Jika biasaya Anda bisa dengan mudah menemukan singkong goreng keju, kini buatlah sajian singkong dengan cara yang super sehat, yaitu dipanggang.

Sajian ini tidak hanya rendah lemak, namun juga membuat singkong dapat disajikan dengan protein hewani, yaitu keju, yang baik untuk tubuh.

Agar lebih sehat, Anda bisa memilih menggunakan keju yang rendah lemak. Sajian ini bisa Anda sajikan dengan parutan atau keju yang dilelehkan saat dipanggang, tentu super nikmat, bukan?

Kolak susu isi singkong dan pisang

Kolak singkong menjadi salah satu camilan sehat dari singkong yang bisa Anda pilih. Hal ini cenderung lebih rendah lemak, jika Anda menggunakan susu nabati sebagai pengganti santan, yang mengandung banyak lemak.

doktersehat-kolak-sehat
Photo Credit: Flickr.com/See-ming Lee

Anda bisa menggunakan susu almond sebagai kuah kolak agar asupan nabati Anda terpenuhi, serta menambahkan buah pisang untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dari buah pisang. Kini sajian camilan singkong Anda tetap rendah lemak dan bergizi lengkap, bukan?

Nah, itu dia tips dan contoh sajian camilan sehat dari singkong. Anda tentu bisa mengeksplorasi sajian jajanan dari singkong lainnya.

Akan tetapi, selalu ingat bahwa camilan singkong yang sehat adalah camilan yang diolah dengan metode masak rendah lemak dan disajikan dengan gizi yang lengkap, ya.