Terbit: 26 Desember 2016
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi beberapa pasangan, menentukan jenis kelamin adalah sesuatu yang penting. Salah satu keinginan yang banyak dipikirkan oleh setiap pasangan baru adalah memiliki anak pertama berjenis kelamin laki-laki. Lantas, apakah memang terdapat cara membuat anak laki-laki yang akurat?

Inilah 10 Cara Mendapatkan Anak Laki-Laki

Pada dasarnya tidak ada cara yang benar-benar akurat mengenai cara mendapatkan anak laki laki. Peluang hamil anak perempuan maupun laki-laki adalah acak dan hampir sama persis untuk setiap kehamilan.

Penentuan jenis kelamin calon anak adalah berdasarkan pada sel sperma apa yang membuahi sel telur. Perlu diketahui, sperma seorang pria terbagi menjadi dua jenis yaitu sperma yang mengandung kromosom X dan sperma yang mengandung kromosom Y.

Jika sperma dengan kromosom X membuahi sel telur maka akan terbentuk anak dengan jenis kelamin perempuan (kromosom XX), sedangkan jika kromosom Y yang membuahi sel telur, maka akan terbentuk anak laki-laki (kromosom XY). Sulit untuk mengatur sel sperma mana yang akan membuahi sel telur, karena kejadian tesebut merupakan proses alami.

Namun demikian, terdapat beberapa teori yang mengatakan bahwa terdapat cara membuat anak laki laki dengan sejumlah teknik tertentu dalam berhubungan seksual, di antaranya:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

1. Posisi berdiri

Cara membuat anak laki laki yang pertama adalah berhubungan seksual dengan cara berdiri. Banyak orang yang percaya bahwa berhubungan intim dengan posisi berdiri, maka kemungkinan untuk mendapatkan keturunan laki-laki menjadi semakin besar.

Posisi ini akan membuat penetrasi saat berhubungan intim menjadi lebih dalam dan membuat sperma pun lebih dekat untuk mencapai sel telur dan membuat kehamilan. Selain itu, posisi laki laki di atas juga dipercaya akan memudahkan untuk terbentuknya janin laki-laki.

2. Posisi doggy style

Selain berdiri, cara mendapatkan anak laki laki berikutnya adalah dengan doggy style. Posisi berhubungan intim ini akan membuat penetrasi bisa dilakukan dengan lebih dalam dan andai pria mendapatkan ejakulasi, maka sperma pun akan bisa lebih cepat mencapai sel telur.

Pakar kesehatan menyebutkan jika sperma kromosom pria cenderung lebih cepat bergerak namun memiliki usia yang jauh lebih pendek sehingga dengan memperpendek jarak sperma untuk berenang, diharapkan sperma dengan kromosom pria memiliki kemampuan lebih besar untuk membuahi sel telur.

3. Pria harus memperbanyak minum kopi

Meski terdengar unik, cara membuat anak laki laki ini pada umumnya sangat digemari oleh pria, ya, hanya dengan meningkatkan konsumsi kopi. Dengan meminum kopi tinggi kafein setidaknya 30 menit sebelum berhubungan intim, pakar kesehatan mengatakan, sperma yang membawa kromosom laki-laki akan cenderung memiliki performa yang jauh lebih baik dalam mencapai sel telur.

4. Waktu berhubungan seksual

Melakukan hubungan seksual mendekati masa ovulasi maka kemungkinan kromosom Y membuahi lebih besar karena kecepatan pergerakannya. Sperma kromosom Y (laki-laki) memliki sifat lebih cepat, agresif dan lincah dibanding sperma X (perempuan).

Sementara itu, sperma X (perempuan) lebih lambat namun lebih kuat dan lebih bertahan lama sehingga jika ingin memiliki anak perempuan, hubungan seksual harus dilakukan 2 hingga 4 hari sebelum masa ovulasi.

Namun demikian, sangat sulit untuk memprediksi secara tepat waktu ovulasi wanita. Tingkat keberhasilannya tidak dapat dibuktikan dengan pasti, karena pada dasarnya kesempatan untuk memiliki anak laki-laki atau perempuan adalah 50:50.

5. Asupan nutrisi

Sebuah studi mengungkapkan, sekelompok wanita yang banyak melahirkan anak laki-laki dibanding wanita lainnya–karena asupan sereal dan makanan yang kaya akan kandungan potasium satu tahun sebelumnya.

Sementara kelompok wanita lainnya sering kali tidak sarapan dan mengonsumsi kalori lebih sedikit. Beberapa penilitian mengatakan bahwa para wanita yang mengonsumsi sarapan sehat dan 2000 kalori setiap harinya, kemungkinan akan berhasil mendapatkan anak laki.

Meski begitu, para ahli belum bisa memastikan apakah asupan kalori atau potasium yang turut memengaruhi jenis kelamin. Namun setelah melakukan percobaan dengan hewan, yaitu induk yang memperoleh cukup makanan tersebut melahirkan jenis kelamin jantan. Sedangkan yang kurang memperoleh makanan melahirkan betina.

Selain itu, cara mendapatkan anak laki laki lain yang bisa dicoba adalah dengan meningkatkan asupan natrium dan kalium dengan memperbanyak makanan asin, telur, dan daging merah.

6. Wanita harus orgasme

Cara membuat anak laki laki yang satu mengharuskan seorang wanita mendapatkan orgasme. Orgasme yang dialami oleh wanita akan memicu produksi cairan vagina bersifat basa yang bisa membantu sperma kromosom Y bertahan hidup lebih lama. Namun, kondisi basa ini menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi sperma X (perempuan).

Selain itu, orgasme wanita juga memudahkan gerak sperma menuju serviks. Kondisi ini memfasilitasi sperma anak laki-laki untuk merebut satu-satunya kesempatan untuk membuahi sel telur.

7. Kondisi fisik dan mental

Saat seorang wanita mengalami stres yang cukup berat, maka tubuhnya akan mengalami peningkatan hormon kortisol dan testosteron. Kondisi inilah yang kemungkinan memengaruhi sel telur untuk lebih mudah menerima sperma pembawa anak laki-laki.

Selain itu, ada pula penelitian mengenai beban kerja dan polusi yang didapatkan seorang pria dapat memengaruhi jenis kelamin anaknya kelak. Semakin tinggi stres kerja atau polusi, maka akan lebih tinggi kemungkinan memiliki anak perempuan.

8. Frekuensi hubungan seksual

Salah satu cara membuat anak laki laki yaitu dengan sering melakukan hubungan seksual. Semakin sering Anda melakukan hubungan seks, maka kemungkinan memiliki anak laki-laki semakin tinggi. Sebab, sperma untuk anak laki-laki lebih ringan, dengan kepala lebih kecil, dan buntut lebih pendek akan lebih mudah berenang menuju sel telur.

9. Usia

Hamil anak laki laki ternyata bisa dipengaruhi oleh usia pasangan. Semakin tua pasangan maka kemungkinan untuk memiliki anak perempuan lebih tinggi. Hal ini antara lain disebabkan pengaruh hormon pada wanita di atas usia 35 tahun. Selain itu, kualitas dan jumlah produksi sperma pada pria di atas 40 tahun juga bisa memengaruhi.

10. Bayi Tabung

Satu-satunya cara membuat anak laki laki yang akurat adalah lewat bayi tabung. Akan tetapi, program bayi tabung butuh biaya yang lumayan tinggi dan prosesnya juga cukup rumit. Cara ini juga pada umumnya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir saat semua cara mencoba kehamilan tidak kunjung berhasil. Jika Anda tertarik untuk menjalani prosedur ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan.

Nah, itulah beberapa cara membuat anak laki laki yang bisa Anda coba. Meski demikian, baik itu perempuan atau laki-laki, setiap anak adalah anugerah terindah dari kehidupan.

Ada beragam mitos atau kepercayaan yang diyakini dapat mendukung kehamilan dengan jenis kelamin yang diinginkan. Namun, tetap disarankan untuk berhati-hati karena tidak semua hal tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan untuk hasil yang terbaik.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi