Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berbelanja makanan tentu menjadi kegiatan yang sangat umum kita lakukan. Agar dapat mengonsumsi makanan yang sehat, maka memilih produk makanan juga harus tepat. Untuk itu penting bagi kita memahami bagaimana cara memilih produk makanan yang sehat.

Tips Berbelanja Produk Makanan yang Sehat

Dietitian dari Academic of Nutrition and Dietetic, Jill Kohn, menyebutkan beberapa tips yang bisa kita lakukan agar pemilihan makanan saat belanja sehat dan tepat, yaitu:

1. Perhatikan kebersihan produk

Kebersihan fisik produk selalu jadi yang utama, hindari produk makanan yang tampilan fisiknya kotor, rusak atau terbuka kemasannya.

2. Menggunakan cairan pencuci tangan

Sebelum atau setelah memegang produk, gunakan cairan pencuci tangan yang disediakan di tempat berbelanja. Jika tidak ada, maka gunakan atau bawalah hand sanitizer sendiri. Pastikan agar kita mencuci tangan sebelum mencoba sample makanan atau produk yang ditawarkan.

3. Pilih produk yang tersedia di rak dengan suhu ruang terlebih dahulu

Utamakan memilih produk yang ada di rak dengan suhu ruang terlebih dahulu, jika produk tidak tersedia baru pilih produk yang Anda inginkan dari rak lemari pendingin atau frezeer. Umumnya produk yang ada di rak suhu ruang lebih awet.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Mengambil bahan makanan dari rak pendingin pada waktu terakhir

Untuk menjaga kualitas produk maka ambillah bahan makanan dari lemari pendingin, misalnya daging, makanan beku atau es krim, saat akan membayar atau keluar toko. Hal ini untuk menjaga agar suhu produk lebih terjaga.

5. Perkirakan kapan produk tersebut akan digunakan

Jangan berlebihan dalam membeli produk makanan, selalu perkirakan kapan Anda akan mengolah atau mengonsumsi produk tersebut. Sebaiknya produk makanan, utamanya bahan makanan segar, digunakan tidak lebih dari seminggu sejak waktu pembelian.

Itu dia lima tips berbelanja produk makanan dengan sehat. Kira-kira tip nomor berapa yang sudah Anda lakukan saat berbelanja produk makanan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi