Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sahur tidak hanya perkara makan pagi hari sebelum puasa agar bisa kuat saja. Lebih dari itu, sahur memegang peran  sentral agar tubuh tetap sehat selama puasa, tidak mengalami dehidrasi, hingga membuat Anda bisa konsentrasi kerja atau melakukan aktivitas apa pun.

7 Tips Bangun dengan Mudah Agar Bisa Sahur dengan Maksimal

Mengingat sahur sangat penting dan sangat direkomendasikan. Anda harus melakukannya dengan maksimal. Apa yang disantap harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anda harus menyantap makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan mineral lainnya.

Nah, agar makan sahur yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar, cobalah untuk bangun lebih awal. Kalau Anda susah untuk bangun sahur lebih awal, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Tidur lebih awal

Kalau Anda ingin bangun sahur lebih awal, jangan begadang atau tidur di atas pukul 22.00. Begitu pukul 21.00 segera untuk naik ke kasur untuk tidur. Jauhkan tubuh dari gadget yang akan membuat rasa kantuk enggan datang dan mata terus terjaga.

Sebisa mungkin untuk segera tidur meski Anda belum begitu mengantuk. Jika berada di ruangan yang redup dan segera menghangatkan diri, kantuk akan segera datang dengan mudah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Jangan mengonsumsi kafeina terlalu banyak

Selain begadang dengan alasan apa pun, coba untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kafeina dari minuman apa pun. Kafeina akan membuat Anda selalu terjaga dan rasa kantuk akan hilang.

Kalau tidak ada rasa kantuk, kira-kira apa yang akan terjadi? Tidur bisa lebih larut dan Anda susah bangun sahur lebih pagi.

  1. Hindari makanan terlalu berlemak

Hindari makanan yang terlalu banyak lemak karena pencernaan akan berjalan dengan lambat. Kalau pencernaan berjalan dengan lambat Anda akan susah tidur karena perut akan terus terasa sakit karena kembung atau begah.

  1. Cobalah melakukan olahraga rutin setiap hari

Olahraga akan membuat Anda mudah sekali tidur karena peredaran darah bisa berjalan dengan lancar. Selain itu kondisi tubuh yang segar dan rasa capai akibat olahraga membuat tubuh menurunkan kerja organ dengan cepat agar penyembuhan bisa segera terjadi. Nah, pada proses ini Anda bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Biasakan tubuh untuk bangun lebih pagi

Kalau ingin bangun sahur lebih awal, biasakan tubuh untuk melakukannya setiap hari. Dengan membiasakan diri, jam tidur akan berubah dengan sendirinya. Menjalang pukul 20.00 Anda akan langsung mengantuk dengan sendirinya dan saat pagi hari Anda bisa bangun dengan cepat tanpa alarm sekali pun.

Kalau jam tidur sudah terbiasa untuk melakukannya, Anda tetap akan tidur dengan porsi 6-7 jam. Meski tidur agak malam karena ibadah, bangun tetap seperti semula sekitar pukul 03.00.

  1. Pasang alarm lebih awal

Kalau Anda tidak bisa bangun dengan sendirinya, coba untuk memasang alarm dengan jam lebih awal. Misal Anda harus bangun pada pukul 03.00, pasang alarm 30 menit sebelum waktunya agar Anda bisa benar-benar bangun saat jam makan sahur.

  1. Jangan terlalu capai

Capai karena olahraga ringan akan membuat Anda cepat tidur, tapi kalau capainya karena memaksakan diri olahraga dengan intensitas tinggi Anda akan susah bangun. Tubuh yang butuh waktu penyembuhan lebih lama akan tidur lebih lama juga.

Selain tujuh hal di atas, Anda juga bisa bangun dengan lebih awal kalau dibangun oleh keluarga atau mungkin pasangan. Semoga ulasan di atas bisa membuat puasa Anda lebih maksimal di sepuluh hari terakhir ini, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi