5 Cara Awet Muda dan Panjang Umur untuk Pria yang Mudah Dilakukan

doktesehat pria awet muda

DokterSehat.Com – Selama ini pria cenderung tidak acuh dengan kondisi kesehatan tubuh khususnya yang berhubungan dengan penuaan dini. Bagi mereka, masalah penuaan adalah sesuatu yang wajar. Apa yang dipikirkan oleh pria ini tidak berlaku pada sebagian wanita. Bagi mereka awet muda adalah hal yang penting sehingga aneka perawatan dilakukan dengan rutin.

Selain masalah awet muda, sesuatu yang menjadi perhatian lebih dari wanita adalah masalah panjang umur. Wanita akan melakukan apa saja agar lebih sehat dan tidak mudah sakit sehingga ekspektasi hidupnya jadi tinggi.

Kebiasaan di atas sebenarnya bisa diaplikasikan juga pada pria. Dengan melakukan beberapa hal di bawah ini pria bisa lebih awet muda dan panjang umur.

  1. Rutin berolahraga

Kalau ingin awet muda dan memiliki tubuh yang selalu sehat, pria disarankan untuk rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin, Anda bisa mengurangi timbunan lemak yang ada di dalam tubuh. Timbunan lemak ini bisa menyebabkan kulit jadi berminyak dan juga kusam.

Lebih lanjut lemak yang ada di dalam tubuh juga menyebabkan gangguan kardiovaskular dan penurunan testosteron. Kalau Anda ingin selalu sehat, coba lakukan olahraga rutin minimal tiga kali dalam seminggu dengan intensitas sedang.

  1. Memiliki pola makan yang baik

Sejalan dengan rutin berolahraga setiap harinya, Anda juga disarankan untuk memiliki pola makan yang benar. Pola makan ini akan membuat gizi yang dibutuhkan tubuh masuk dengan ukuran yang tepat dan tidak berlebihan.

Kalau Anda tidak bisa mengatur makan dengan baik, ada beberapa gangguan yang akan terjadi. Gangguan pertama adalah penambahan lemak karena surplus kalori setiap harinya. Gangguan kedua adalah masalah penyakit yang disebabkan oleh makanan seperti kolesterol tinggi hingga diabetes.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Kalau Anda sudah berolahraga dengan baik dan memiliki pola makan yang teratur, imbangi dengan mengurangi kebiasaan buruk. Anda tidak dianjurkan untuk terus merokok setiap harinya karena bisa memperburuk aliran darah dan meningkatkan kemungkinan terjadi kanker.

Alkohol juga tidak disarankan untuk dikonsumsi karena bisa meningkatkan gangguan kardiovaskular hingga gangguan pada otak. Lebih baik hindari dua hal di atas atau berhenti dengan total.

Ganti rokok dengan makanan yang sehat seperti jus atau yoghurt. Kalau Anda ingin alkohol, lebih baik dialihkan ke hal yang lain agar tidak mengganggu kesehatan secara menyeluruh.

  1. Mengurangi stres yang berlebih

Kesehatan tubuh bisa mengalami penurunan yang tajam kalau Anda stresĀ  berlebihan. Stres akan menyebabkan Anda susah berkonsentrasi dengan kehidupan hingga memiliki gaya hidup yang buruk. Orang yang mengalami stres biasanya mudah sekali makan dengan sembarangan, sering insomnia, dan hal buruk lainnya.

Kalau Anda ingin mengatasi stres, coba lakukan hal-hal yang menyenangkan. Misal melakukan perjalanan wisata dengan teman atau keluarga. Kalau Anda ingin lebih cepat mendapatkan efeknya cobalah untuk melakukan meditasi atau mungkin yoga.

  1. Rutin melakukan pengecekan kesehatan

Kalau Anda ingin selalu sehat dan awet muda, rutinlah untuk melakukan pengecekan kesehatan. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada tubuh. Kalau ada gangguan pada tubuh, Anda bisa segera melakukan penyembuhan agar tidak terlambat.

Kalau Anda tidak rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, coba bayangkan apa yang terjadi. Anda tidak tahu kalau Ada penyakit yang menyebar. Tahu-tahu penyakit sudah menjadi parah dan susah ditangani.

Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan untuk mengubah gaya hidup dan menjadi panjang umur dan awet mudah.