Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mendapatkan serangan lapar di malam hari? Lapar di malam hari memang kerap menyerang. Meskipun tidak berbahaya, jika kita terlalu sering ngemil di malam hari, utamanya makanan yang tinggi kalori, maka kondisi kesehatan tentu bisa terganggu, kan?

Tips Agar Tidak Lapar di Malam Hari

Untuk itu penting bagi kita mengetahui bagaimana agar kita tidak sering lapar di malam hari. Hal ini dapat diatasi dengan mengatur pola makan dan kebiasaan yang kita lakukan di malam hari.

Penelope Clark, dietitian dari Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan beberapa tips agar kita terhindar dari rasa lapar di malam hari, yaitu:

1. Mengatur jadwal camilan

Usahakan untuk menjadwal camilan apa yang akan Anda beli untuk satu minggu ke depan, pilih camilan yang sehat misalnya sayur, buah dan kacang-kacangan.

Sediakan makanan tersebut di lemari atau kulkas Anda. Lalu buat jadwal, misalnya camilan pagi, siang, sore atau malam, dengan ini asupan makan dan camilan akan teratur sehingga rasa lapar saat malam bisa dihindari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Memenuhi kebutuhan protein dan serat

Coba perhatikan apakah Anda sudah memenuhi kebutuhan protein dan serat harian Anda? Kedua zat gizi ini penting untuk memenuhi kebutuhan energi dan meningkatkan rasa kenyang. Jika asupanya sudah terpenuhi maka harusnya Anda tidak lagi merasa lapar di malam hari.

Untuk membantu asupan protein dan serat tercukupi, tingkatkan konsumsi olahan dari protein, misalnya yoghurt, keju, selai kacang, selai buah dan usahakan mengonsumsi buah di setiap kali waktu makan utama dan camilan.

3. Tidur teratur

Tidur teratur akan membuat metabolisme ikut teratur termasuk metabolisme pencernaan makanan. Hal ini akan membuat tubuh bisa mencerna makanan dan mengatur rasa lapar lebih tepat.

4. Pikiran rileks

Jika tiga hal di atas sudah Anda lakukan namun rasa lapar masih menyerang. Cobalah atur mood dan perasaan Anda. Jika Anda merasa bosan, marah, tertekan atau stress maka rasa lapar tentu bisa muncul di malam hari. Jadi selain tiga hal di atas, usahakan selalu rileks juga, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi