Tips Agar tidak Mudah Tertular Flu Saat Berpuasa

doktersehat sakit flu

DokterSehat.Com– Walau puasa sudah tinggal beberapa hari lagi, tapi bagi setiap yang melaksanakannya harus tetap menjaga kondisi tubuh. Belakangan ini banyak sekali orang yang terkena flu, baik yang berpuasa maupun tidak. Untuk itu, agar puasa tetap lancar sampai hari kemenangan, alangkah baiknya agar tetap memerhatikan dan menjaga kesehatan.

Sebab, berbagai penyakit bisa saja mengintai tubuh Anda ketika sedang berpuasa. Tidak hanya asam lambung atau maag saja, tapi juga flu bisa menyerang, terlebih lagi jika perubahan cuaca yang tidak menentu. Flu menyebabkan aktivitas terganggu dan juga bisa mempengaruhi nafsu makan sehingga membuat tubuh lemas dan tidak bersemangat.

Flu bisa menular dengan sangat mudah, oleh sebab itu diperlukan cara untuk menghindari penularan tersebut, apalagi ketika Anda sedang berpuasa. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak tertular flu saat sedang berpuasa.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit. Oleh karenanya, seseorang harus minum air putih sedikitnya delapan gelas sehari. Selama berpuasa, Anda mungkin memiliki kebiasaan untuk minum minuman manis dan hanya minum air putih sedikit. Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan tersebut. Cobalah untuk minum air putih yang banyak agar Anda tidak mudah tertular flu. Anda harus berusaha memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih saat sahur dan berbuka.

2. Penuhi Asupan Nutrisi

Ketika sedang berpuasa, Anda biasanya akan berburu berbagai macam takjil dan mengonsumsi makanan apapun tanpa mementingkan kandungan nutrisi di dalamnya. Bahkan, Anda cenderung mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan kalori tinggi. Padahal, selama berpuasa tubuh membutuhkan nutrisi dan vitamin agar tetap fit sepanjang hari. Vitamin dan mineral mampu meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh agar tidak mudah sakit flu saat puasa. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin seperti daging, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

3. Konsumsi Suplemen Lengkap

Selain perbanyak konsumsi air putih dan makanan mengandung nutrisi, ada baiknya Anda juga mengonsumsi suplemen pelengkap untuk mencegah tertular flu. Hal ini juga disarankan terhadap Anda yang tidak bisa memenuhi asupan nutrisi dan vitamin selama berpuasa karena sulitnya mengontrol makanan. Suplemen pelengkap ini bisa Anda konsumsi ketika sahur dan berbuka. Namun, perlu diperhatikan bahwa suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah suplemen yang mengandung vitamin C dan zinc yag dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari serangan penyakit.