Terbit: 31 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pada dasarnya, bentuk dan ukuran payudara ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang terdapat di payudara. Namun, memiliki bentuk payudara yang ideal adalah idaman bagi banyak wanita. Bentuk payudara idaman tersebut adalah payudara yang tidak kendur dan payudara bulat.

9 Tips Membentuk Payudara Bulat dan Kencang yang Bisa Dicoba

Cara Membuat Payudara Bulat Alami

Sebelum mengetahui mengenai cara agar payudara bulat, hal penting lain yang harus diketahui adalah jaringan ikat dan ligamen pada payudara berperan untuk mempertahankan struktur anatomi payudara. Sedangkan saraf yang terdapat di dalamnya berfungsi memberikan sensasi pada payudara.

Jika Anda ingin payudara bulat dan kencang tanpa operasi atau metode-metode kecantikan lainnya, Anda bisa menggunakan metode yang lebih alami dan tidak berisiko bagi kesehatan. Berikut tips agar payudara membesar dan bulat yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Menambah berat badan

Payudara bulat dapat terbentuk apabila Anda menambah berat badan. Hal ini karena payudara paling banyak terdiri dari jaringan ikat lemak. Apabila Anda sangat kurus, sebaiknya Anda harus berusaha meningkatkan berat badan.

Ketika ingin meningkatkan berat badan, penting bagi Anda yang ingin membentuk payudara bulat untuk menerapkan pola diet yang sehat. Perbanyak protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan tetaplah aktif bergerak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Turunkan berat badan perlahan

Jika penjelasan sebelumnya mengatakan bahwa membentuk payudara bulat dengan menaikan berat badan, cara ini berlawanan dengan cara sebelumnya. Payudara kendur bisa terjadi karena kehilangan lemak tubuh. Kehilangan lemak tubuh yang dimaksud di sini adalah telalu banyak lemak yang hilang dalam waktu cepat.

Cara yang aman adalah cobalah turunkan berat badan dengan perlahan, sekitar 0,4 kg hingga 0,9 kg per minggu. Penurunan berat badan secara perlahan ini dapat membantu Anda mengurangi ukuran payudara ke bentuk semula dan mencegah kendur akibat penurunan berat badan.

3. Membangun otot di bawah payudara

Membentuk payudara bulat selanjutnya dapat dilakukan dengan meningkatkan otot di bawah payudara. Dengan membangun otot di bawah payudara, hal itu dapat membantu meningkatkan ukuran dan kekencangan.

Lakukan penekanan di dada, kemudian berbaring terlentang dengan lutut di tekuk dan kaki Anda rata di lantai. Pegang satu dumbbell di masing-masing tangan dengan siku ditekuk 90 derajat.

Gunakan otot-otot dada untuk mengangkat beban ke arah langit-langit dan menyentuhnya bersama. Lakukan tiga set sebanyak 15 pengulangan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

4. Melakukan push-up

Latihan push-up ternyata mampu membuat payudara bulat dan kencang. Beberapa contoh push-up adalah gerakan plank–di mana posisi tubuh berbaring telungkup tidak menyentuh lantai, dengan posisi siku menekuk.

Tangan dan kaki menopang tubuh, lalu bergerak naik turun. Lakukan sekitar lima hitungan dengan gerakan naik-turun pelan, lalu coba 10 kali hitungan dengan gerakan naik-turun cepat.

5. Tidur telentang

Payudara menjadi kendur ternyata bisa terjadi akibat posisi tidur yang miring ke kiri atau ke kanan. Oleh karena itu, cara terbaik agar payudara tidak kendur dan terbentuknya payudara bulat adalah dengan tidur telentang

Tidur telentang membuat payudara meregang dan membuat payudara terlihat lebih kencang untuk jangka waktu yang lama. Meski begitu, payudara bulat dan kencang tidak akan terbentuk dalam waktu yang singkat.

6. Menggunakan bra yang tepat

Gunakanlah bra yang tidak terlalu sesak dan longgar. Penggunaan bra yang tepat dapat mencegah payudara dari kerusakan ligamen, di mana hal ini yang membuat payudara terlihat kendur. Penggunaan bra harus lebih diperhatikan terutama jika Anda ingin berolahraga.

7. Pijatan payudara

Payudara bulat dan kencang bisa juga terbentuk jika Anda rutin melakukan pijatan payudara. Pijatan dilakukan dengan gerakan ke atas sekitar 15 menit. Cara ini dapat meningkatkan sirkulasi pada payudara sehingga dapat menguatkan jaringan dan otot di sekitar payudara. Pijatan pada payudara juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak almond, gel lidah buaya atau minyak zaitun.

Waktu yang paling baik untuk memijat payudara adalah pada malam hari sebelum tidur. Ketika memijat payudara, peredaran darah di sekitar payudara akan lancar sehingga saat tidur pasokan oksigen yang menuju payudara dapat tercukupi. Agar mendapatkan hasil yang terbaik, pijat payudara perlu dilakukan setiap hari.

8. Minum air putih

Meski hal ini terlihat sederhana, faktanya payudara bulat juga bisa dipengaruhi oleh asupan cairan. Konsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari dapat membantu kekencangan kulit secara alami. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih sehat, elastis dan kencang.

9.Oleskan masker untuk payudara

Selain wajah, payudara adalah bagian tubuh lain yang juga membutuhkan masker agar kondisinya tetap terjaga. Masker yang sebaiknya Anda gunakan adalah masker yang terbuat dari bahan alami. Beberapa masker tersebut di antaranya:

  • Masker telur dan timun

Campurkan timun halus, krim alami, mentega, dan kuning telur bersamaan. Oleskan pada payudara dan diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Timun mengandung antioksidan dan dapat meredakan iritasi kulit serta mengurangi bengkak pada kulit.

Selain timun, putih telur juga dapat Anda kombinasikan dengan vitamin E. Oleskan kedua campuran bahan tersebut pada payudara dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Telur mengandung protein yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Sementara, vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas dan mencegah penuaan kulit.

  • Masker shea butter

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk membentuk payudara bulat dan kencang adalah shea butter. Shea butter kaya akan vitamin E dan dipercaya dapat mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Oleskan shea butter ke payudara Anda sambil dilakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar selama 10–15 menit. Biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Agar mendapatkan hasil yang terbaik ulangi perawatan ini 3- 4 kali per minggu.

Nah, itulah beberapa cara membentuk payudara bulat dan kencang yang bisa Anda coba. Pada dasarnya, ukuran dan bentuk payudara setiap wanita berbeda-beda. Perbedaan ini biasanya dipengaruhi oleh perubahaan hormon yang terjadi dan jumlah lemak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi