Tips Agar Lari Menjadi Lebih Kencang

posisi-start-lari-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sebagai pelari, tentunya kita akan memiliki sebuah target penting yang harus terpenuhi, yaitu meningkatkan kecepatan. Ya, kecepatan lari adalah hal yang penting bagi setiap pelari. Sebab, dengan kecepatan yang tinggi, maka kita akan bisa mengalahkan kompetitor dalam sebuah kompetisi. Namun, tidak mudah mendapatkannya. Dibutuhkan proses panjang dan usaha yang gigih.

Namun, sebenarnya jika latihan yang dilakukan tepat dan sesuai sasaran, memiliki kecepatan yang tinggi bukanlah mimpi lagi. Sebab, ternyata ada beberapa teknik latihan yang terbukti bisa membuat lari semakin cepat. Apa saja teknik tersebut? Berikut diantaranya.

1. Jari Kaki Menghadap ke Langit

Umumnya, ketika orang berlari, telapak kaki rata dengan tanah, sehingga membuat jari kaki menghadap ke depan. Sebenarnya, hal ini membuat langkah kita semakin terbatas sehingga kita perlu waktu yang lebih lama ketika mengayuh gerakan dan kaki akan terasa lebih berat. Ekstensi di kaki pun akan hilang sehingga membuat otot pantat ikut campur sampai batas maksimal.

Ketika berlari, usahakan dengan menghadapkan jari kaki ke langit, kemudian mendaratlah dengan bagian depan kaki dan tanmparan cepat namun lembut. Hal ini akan membuat pinggul dan panggul mendorong tubuh. Dengan begtiu, kita tak perlu banyak energi ketika berlari dan mendarat.

2. Memulai dengan Lari Jarak Pendek

Dengan memulai sesi lari jarak pendek dengan kecepatan penuh, maka kita bisa meningkatkan kecepatan lari kita. Karena teknik ini mampu memberikan tenaga di akhir rute. Selain itu, teknik ini juga sering dilakukan oleh atlet profesional sehingga terbilang aman untuk dicoba.

3. Memperkuat Otot

Kita juga bisa memperkuat otot pada kaki jika ingin meningkatkan kecepatan lari. Kita bisa mencoba melakukan body weight squat. Tak perlu khawatir, karena latihan gerakan ini tak membutuhkan peralatan khusus dan mahal. Cukup memulainya dengan berdiri, menyandar ke tembok seolah sedang duduk di kursi. Kemudian usahakan lutut tidak terdorong ke depan. Doronglah tubuh anda ke belakang sampai merasa otot menegan. Dan kembalilah berdiri juga ulangi hal ini beberapa kali setiap hari.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan lari yang bisa kita akukan setiap hari di rumah. Selain itu, tak lupa juga kita perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan mencukupi waktu istirahat.