Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu pernah memerhatikan beberapa jenis buah seperti pisang atau apel, cepat sekali berubah warnanya setelah kita potong. Hal ini disebut dengan browning atau pencokelatan warna pada buah. Agar tidak terjadi, maka kita perlu melakukan beberapa hal untuk mencegahnya.

Tips Agar Buah Tidak Cepat Kecokelatan atau Browning

Browning disebabkan adanya reaksi enzim pada buah yang berinteraksi dengan adanya oksigen atau disebut hidrosiklasi. Hal ini tentu membuat tampilan buah menjadi tidak segar ya.

Untuk itu beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, adalah:

1. Berikan perasan dari buah asam

Perasan dari jeruk atau lemon memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini akan memberikan efek antioksidan pada buah sehingga reaksi enzimatik pada buah bisa dicegah. Lazimnya hal ini yang paling sering dilakukan untuk mencegah terjadinya browning pada buah. Namun penambahan air perasan ini tentu sedikit banyak akan memengaruhi citarasa buah, ya.

2. Pengolahan suhu tinggi

Pengolahan suhu tinggi, misalnya dengan cara mengukus, merebus atau menggunakan microwave yang dilakukan dalam waktu singkat, misalnya buah apel atau pir dimasukkan dalam air rebusan selama 3-5 menit dalam suhu 80-100 derajat celsius, akan mencegah terjadinya browning pada buah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Membekukan buah

Enzim pada buah tentu tidak aktif pada suhu beku, yaitu 0 hingga 24 derajat celsius. Hal inilah yang membuat pembekuan bahan makanan, menjadi efektif untuk mencegah browning.

Selain itu, jika kita sudah memotong buah dan sayur, maka sebaiknya segera olah dan konsumsi buah tersebut sebelum terjadi browning.

Jika olahan membutuhkan buah apel atau pir dalam bentuk potongan, misalnya untuk es buah atau salad buah, atau jus, pertimbangkan untuk menambahkan perasan air jeruk nipis es buah, salad atau jus ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi