Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seperti yang kita ketahui, buah dan sayur adalah salah satu bahan makanan yang dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hal ini ternyata bisa kita manfaatkan pula untuk menurunkan berat badan, lo. Bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan mengonsumsi buah dan sayur?

Tips Agar Buah Dan Sayur Bisa Menurunkan Berat Badan

Center for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa menggunakan buah dan sayur sebagai bagian dari diet penurunan berat badan akan efektif pula untuk mendukung pola hidup yang sehat.

Hal ini tentu disebabkan karena asupan zat gizi yang tinggi dari buah dan sayur.

Beberapa cara memanfaatkan buah dan sayur untuk menurunkan berat badan adalah:

1. Memenuhi kebutuhan kalori tubuh dengan kalori dari buah dan sayur

Seperti yang kita ketahui, asupan kalori tubuh saat diet harus dikurangi. Untuk itu usahakan menggunakan buah dan sayur sebagai sumber kalori. Pilih buah dan sayur yang manis, misalnya dua buah pisang ukuran sedang, sebagai pengganti camilan gorengan agar asupan kalori tubuh lebih tinggi serat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Mengonsumsi banyak buah dan sayur saat sarapan

Kurangi separuh jumlah oatmeal di mangkok dan ganti dengan potongan pisang atau stroberi yang lebih banyak. Selain itu mengganti satu porsi telur dengan olahan bayam, bawang dan jamur juga tentu akan meningkatkan asupan serat saat sarapan.

3. Meningkatkan konsumsi sayur dan buah saat makan siang dan makan malam.

Jika Anda sering menambahkan keju pada makan siang Anda, maka kini gantilah dengan potongan timun, tomat atau selada. Selain itu, selalu pilih untuk mengisi mangkok sup dengan lebih banyak sayur ketimbang olahan dari daging. Misalnya memilih brokoli, kacang merah wortel atau paprika dibandingkan sosis atau bakso.

Dengan melakukan ketiga tips mudah di atas maka kalori yang masuk dalam tubuh akan lebih rendah namun tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi