Terbit: 14 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 700 pasien asam urat selama satu tahun yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Arthritis and Rheumatology, dihasilkan fakta bahwa risiko untuk mengalami kekambuhan asam urat di malam hari cenderung bisa naik hingga 250 persen. Waktu kekambuhan serangan asam urat biasanya adalah antara tengah malam hingga pukul 08.00 pagi.

Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh di Malam Hari

Pakar kesehatan mengaku belum benar-benar mengerti secara pasti mengapa kekambuhan asam urat seringkali terjadi di tengah malam. Hanya saja, ada dugaan bahwa faktor dehidrasi yang terjadi karena kita beristirahat malam dan tidak minum dalam waktu yang lama serta menurunnya kadar hormon kortisol di dalam tubuh saat kita tidur menjadi pemicu kekambuhan asam urat.

Demi mencegah datangnya serangan asam urat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rajin minum obat sebagaimana yang telah diberikan ke dokter tepat waktu. Banyak orang yang salah kaprah dalam mengonsumsi obat asam urat karena berpikir jika obat ini mengatasi gejala serangan asam urat. Padahal, obat ini diperuntukkan untuk mencegah datangnya kekambuhan asam urat. Jika kita meminumnya saat serangan asam urat muncul, obat ini tidak akan memberikan dampak apapun.

Cara lain yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya serangan asam urat adalah dengan menghinadri konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan purin seperti minuman beralkohol, jeroan, daging merah, dan makanan laut. Selain itu, kita juga sebaiknya mencukupi kebutuhan harian air minum demi membantu tubuh melakukan proses pengeluaran asam urat melalui air seni dengan lancar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi