Tips Mencerdaskan Anak Sejak dalam Kandungan

doktersehat-ibu-hamil-makan-brokoli

DokterSehat.Com – Perkembangan janin dalam kandungan merupakan saat yang sangat luar biasa dimana sel membelah, tumbuh dan berdiferensiasi dengan sangat cepat. Saat ini banyak terapi yang dikembangkan oleh para ahli untuk memaksimalkan perkembangan bayi sejak dalam kandungan.

Pemenuhan gizi seimbang harus dimengerti oleh para ibu agar kebutuhan nutrisi untuk janin dan ibu tercukupi. Selain agar bayi sehat, juga meningkatkan kecerdasannya.

Otak sebagai pusat susunan syaraf berada dalam tulang tengkorak yang menyambung dengan sumsum tulang belakang, meskipun beratnya hanya 2-3 persen berat tubuh tetapi otak memegang peranan pengendalian hampir di semua aspek.

Otak juga membutuhkan oksigen serta nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan organ lainnya. Sekitar seperlima keseluruhan darah dialirkan ke otak untuk menunjang kebutuhannya yang tinggi. Nutrisi yang dibawa darah tentu memegang porsi penting dalam kinerja otak.

Tips untuk ibu hamil agar anak pintar sejak dalam kandungan dari faktor makanan dan nutrisi

1. Nutrisi

Nutrisi terbaik yang harus diutamakan pada anak yang masih dalam kandungan adalah nutrisi pada otaknya, cara membuat anak pintar sebaiknya ibu yang sedang mengandung mengomsumsi cukup vitamin otak untuk bayi.

Ibu hamil disarankan mengomsumsi obat yang sudah teruji dapat mencerdaskan anak sejak dalam kandungan, yaitu nulacta. Vitamin otak untuk bayi dalam kandungan ini dinilai cukup berpengaruh dalam meningkatkan kualitas kemampuan berpikir anak nantinya ketika telah lahir, karena mengandung minyak ikan dan DHA yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak anak dalam kandungan. Ibu yang menginginkan cara ini sebaiknya mengomsumsi antara 1 hingga 2 tablet dalam sehari.

2. Makanan bergizi

Banyak mengonsumsi makanan bergizi dalam berbagai jenis makanan saat hamil akan sangat membantu membuat anak pintar nantinya, pesan banyak dokter bahwa mengonsumsi makanan yang beragam dan bergizi dalam sehari akan memenuhi semua jenis kebutuhan nutrisi dalam tubuh bagi yang mengkomsumsinya, begitupun bayi yang sedang dikandungnya.

Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas sejak dalam kandungan, utamakan mengonsumsi makanan berprotein seperti daging, makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, C, dan sebagainya, seperti buah-buahan berwarna dan sayuran berwarna hijau. Dan perlu juga diketahui beberapa vitamin penting seperti Omega 3, Asam Folat, DHA, AA, Zat besi, B1 dan B6 adalah jenis vitamin yang sangat dianjurkan oleh para pakar.

3. Makanan segar dan alami

Dahulukan mengonsumsi makanan segar dan alami. Ya, makanan kalengan yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan selain berbahaya untuk kesehatan bayi, juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi yang dikandung. Hal ini juga sangat penting diperhatikan jika ingin menerapkan cara membuat anak pintar sejak dalam kandungan.

Tips untuk ibu hamil agar anak pintar sejak dalam kandungan dari faktor rangsangan

1. Gunakan musik klasik

Seperti musik Jazz atau lantunan ayat suci Al-Qur’an dengan nada lembut juga terbukti sangat membantu untuk meransang otak bayi dalam kandungan. Cara ini sudah diyakini banyak pakar sebagai salah satu faktor dalam cara membuat anak pintar sejak masih dalam kandungan.

2. Percakapan ringan

Rangsang dengan percakapan ringan pada saat tertentu, seperti di pagi hari dan sore hari. Jika bukan ibunya, bapak dari si calon bayi juga bisa mengajaknya bicara. Karena bayi dalam kandungan sudah bisa menerima sinyal pembicaraan dari orang tuanya sejak berumur di atas 4 bulan.

3. Mengelus perut dan berbicara

Mengelus perut ibu sambil berbicara lembut juga mampu meransang bayi dalam berkomunikasi yang tentunya berakibat pada perkembangan otaknya.

4. Aktivitas mengasah otak

Rangsang dengan aktivitas yang berhubungan dengan otak, cara membuat anak pintar yang satu ini tentu harus dilakukan ibunya. Jika ingin memberikan pengaruh pada calon bayinya soal kerja otak maka ibu harus membiasakan juga aktivitas otak, seperti berpikir, membaca dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan otak.

5. Berdoa

Selain mengharapkan campur tangan Tuhan dalam usaha Anda dalam membuat anak cerdas, doa juga sebagai sugesti untuk ibu dan anak.

6. Refreshing

Menyegarkan diri di tempat yang segar dan selalu berbeda. Ini akan memberikan kesempatan pada bayi dalam kandungan untuk belajar merasa dan menikmati perubahan yang juga membuat otaknya teransang atau terstimulasi.