Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebiasaan sehat apa yang sudah Anda lakukan untuk mendukung kesehatan jantung? Jika sebelumnya penyakit penyebab kematian terbesar adalah penyakit menular, maka dengan perubahan zaman dan gaya hidup, penyakit tidak menularlah yang kini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar banyak orang.

Sederhana! Lakukan Tips 5-10-8 yang Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Salah satu penyakit tidak menular yang cukup tinggi tingkat kejadian atau prevalensinya adalah penyakit jantung.

Pola hidup sedentari meningkatkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung memang disebabkan oleh banyak hal, misalnya keturunan, namun tak dapat ditampik bahwa penyebab terjadinya penyakit jantung adalah pola hidup yang kurang terkontrol.

Salah satu penyebab terbesar terjadinya penyakit jantung belakangan ini adalah pola hidup sedentary lifestyle.

doktersehat-makan-di-meja-kantor-gemuk-gendut-obesitas

Pola hidup sedentari tersebut adalah pola hidup yang cenderung pasif bergerak dan banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak.

Kondisi ini jika diterapkan dalam jangka panjang, akan menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah tubuh yang akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Pencegahan risiko akibat pola hidup sedentari

Pakar kesehatan dari Mayo Clinic, Fransisco Lopez-Jimenez, M.D memberikan beberapa tips mudah yang bisa membuat kita menekan risiko akibat penerapan gaya hidup sedentari.

Tips yang diberikan merupakan beberapa hal yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dijadikan sebagai suatu kebiasaan yang dapat mengurangi risiko akibat gaya hidup sedentari.

Tips ini bisa dengan mudah kita lakukan dengan mengingat angka yaitu 5, 10 dan 8 untuk beberapa hal yang akan mendukung pola hidup sehat, yaitu:

1. 5 porsi konsumsi buah dan atau sayur dalam sehari

Buah atau sayur menjadi makanan yang harus ada dalam asupan makan kita sehari-hari. Jika biasanya Anda hanya merasa aman karena sudah mengonsumsi buah atau sayur, kini mulai perhatikan bahwa jumlah konsumsi buah dan sayur adalah satu hal yang penting.

Berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan bahwa konsumsi sayur dan atau buah yang tepat untuk orang dewasa adalah sebanyak 5 porsi dalam satu hari.

Satu porsi yang dimaksud disini adalah 80-100 gram buah atau sayur, yang setara dengan satu buah apel ukuran sedang atau 5-6 sendok besar untuk sayur berdaun yang direbus.

5 porsi buah dan atau sayur dalam sehari akan mendukung asupan gizi yang penting untuk kesehatan tubuh, yaitu serat, vitamin, mineral dan fitonutrien yang jika dilakukan secara berkepanjangan akan membuat kesehatan jantung semakin optimal.

2. 10 menit melakukan aktivitas fisik dalam sehari

Tentu sering kita mendengar bahwa olahraga yang tepat dilakukan paling tidak 30 menit dalam sehari.

Akan tetapi, melakukan aktivitas fisik selama 10 menit secara rutin juga akan memberikan perbedaan yang cukup baik dalam tubuh.

doktersehat-olahraga-setelah-melahirkan

Hal ini terbukti akan memberikan manfaat yang sama dengan melakukan aktivitas fisik selama 60-90 menit dalam seminggu yang akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%.

Aktivitas fisik yang dianjurkan adalah naik turun tangga, berjalan atau melakukan peregangan ringan hingga sedang.

3. 8 jam tidur dalam sehari

Agar kesehatan jantung semakin optimal, usahakan untuk mencukupi kebutuhan tidur paling tidak 8 jam dalam sehari. Terlebih jika Anda berisiko menerapkan pola hidup sedentari dalam kehidupan sehari.

doktersehat-tidur-siang

Meskipun masing-masing orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda berdasarkan aktivitas hariannya, namun tidur minimal 8 jam selama dua minggu terbukti memberikan manfaat yang maksimal untuk kesehatan jantung dan sistem tubuh.

Nah, itu dia tips 5, 10 dan 8 yang cukup mudah Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi