Tips 4 untuk Memulai Olahraga agar tidak Merasa Malas

tips-olahraga-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk bisa hidup sehat adalah dengan berolahraga. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari masalah penyakit tulang. Namun, tak jarang pula orang yang masih malas melakukannya padahal mereka sudah tahu manfaat dari olahraga, dengan alasan badan terlalu lelah karena aktivitas pekerjaan yang cukup banyak di kantor. Sehingga mereka akan lebih memilih untuk segera berisitirahat.

Photo Credit : pexels.com

Anda mungkin sudah tahu, dampak negative yang akan terjadi pada tubuh Anda jika malas berolahraga. Untuk itu, berikut adalah beberap tips sederhana untuk memulai olahraga agar tidak malas, diantaranya:

1. Ketahui Manfaat Olahraga

Manusia akan melakukan sesuatu yang menguntungkan untuk mereka. Sama halnya dengan olahraga yang memiliki banyak sekali keuntungan untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, mulailah untuk mencari tahu manfaat dan keuntungan dari olahraga agar Anda bisa termotivasi dan merasa senang untuk berolahraga.

2. Buat Planning Olahraga

Agar Anda bisa berolahraga dengan teratur, mulailah untuk membuat planning berapa kali dalam seminggu Anda harus berolahraga. Tujuannya adalah supaya Anda bisa menetapkan target yang ingin dicapai. Namun, Anda harus selalu ingat bahwa jangan sampai terlalu memforsir tubuh Anda. Buatlah jadwal sedikitnya 3 kali dalam seminggu agar Anda tidak mengalami Overtraining.

3. Mulai Latihan dengan Gerakan Sederhana

Dalam berolahraga, jangan menargetkan tubuh Anda untuk bisa melakukan latihan terlalu berat sebagai permulaan atau awal Anda berolahraga. Hal tersebut bertujuan agar otot-otot tubuh Anda tidak merasa kaget sehingga mudah mengalami kram otot dan cedera. Selain itu, latihan yang terlalu berat akan membuat Anda semakin malas untuk melakukannya lagi. Mulailah dengan latihan atau gerakan sederhana untuk mengawali minggu awal Anda berolahraga.

4. Berolahraga dengan Teman

Berolahraga seorang diri mungkin akan sangat membosankan sehingga membuat Anda malas untuk memulai berolahraga. Oleh sebab itu, Anda bisa mencari teman atau bergabung di pusat kebugaran agar Anda bisa termotivasi dalam memulai olahraga. Teman yang juga suka berolahraga akan selalu memotivasi Anda untuk selalu rajin berolahraga.