Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Agar program kehamilan bisa berjalan dengan lancar, pria dan wanita harus sama-sama menjaga dan meningkatkan kesuburannya. Untuk pria, jumlah sperma yang berkualitas akan menentukan cepat atau tidaknya pembuahan. Kalau jumlah sperma per mililiter air mani kurang dari 15 juta, peluang kehamilan terjadi akan kecil.

Tingkatkan Jumlah Sperma dengan Konsumsi Makanan Ini

Untuk meningkatkan jumlah sperma dalam air mani dan mempercepat kehamilan, pria harus mengonsumsi makanan atau bahan makan di bawah ini.

1. Bayam
Bayam mengandung banyak asam folat yang mampu meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan pergerakannya. Mengonsumsi banyak bayam setiap hari akan meningkatkan kualitas sperma sehingga kemungkinan terjadi pembuahan jadi tinggi serta mengurangi risiko kelainan bawaan yang disebabkan oleh pembuahan sperma abnormal.

2. Pisang
Pisang mengandung enzim bromelin yang merupakan antiradang alami. Mengonsumsi pisang dalam jumlah yang cukup akan meningkatkan jumlah sperma. Lebih lanjut Vitamin A, B1, dan C juga membuat pergerakan sperma jadi lebih cepat dan gesit mencari keberadaan sel telur.

3. Telur
Telur yang dikonsumsi oleh pria akan membuat sperma jadi lebih sehat dan kuat dalam bergerak. Kandungan vitamin E dan protein yang diberikan oleh telur akan melindungi sperma dari radikal bebas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Brokoli
Brokoli juga mengandung asam folat yang mampu memperbanyak jumlah sperma dan meningkatkan pergerakannya. Mengonsumsi brokoli dengan takaran yang pas akan meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen.

5. Cokelat hitam
Mengonsumsi cokelat hitam selama beberapa hari sebelum bercinta akan meningkatkan volume dari air mani dan sperma yang terkandung di dalamnya.

6. Semangka
Untuk meningkatkan jumlah sperma, pria juga bisa mengonsumsi semangka. Buah ini mampu meningkatkan jumlah sperma hingga 37,5 persen karena mengandung senyawa likopen.

7. Bawang putih
Bawang putih mengandung Vitamin B6 dan selenin yang mampu membersihkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah bersih aliran darah ke testis jadi lebih baik dan jumlah sperma yang dihasilkan bisa meningkat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi