Akhir Pekan, Cobalah Tidur Siang Demi Turunkan Tekanan Darah

kebiasaan-sebelum-tidur-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Akhir pekan seperti sekarang ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersantai atau memulihkan badan setelah seminggu bekerja keras. Mumpung memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk melakukan tidur siang. Selain bisa membuat badan lebih nyaman, tidur siang ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah lho.

Manfaat tidur siang bagi tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Asklepieion General Hospital, Voula, sebuah kota di Yunani dilakukan dengan melibatkan 212 orang yang memiliki tekanan darah lebih dari 130 mmHg. Para partisipan kemudian diminta untuk melakukan tidur siang secara teratur. Hasilnya adalah, mereka mengalami penurunan tekanan darah hingga 5 mmHg. Angka penurunan ini cenderung tidak jauh berbeda dibandingkan dengan partisipan yang rutin mengonsumsi obat penurun tekanan darah, yakni sekitar 5 hingga 7 mmHg.

“Penelitian kami membuktikan bahwa kebiasaan tidur siang mampu menurunkan tekanan darah tinggi,” ungkap salah satu peneliti yang terlibat, Manolis Kallistratos.

Meski angka penurunan tekanan darah ini terlihat kecil, pakar kesehatan menyebut dampaknya bagi kondisi hipertensi dan risiko terkena serangan jantung cukup signifikan. Karena alasan inilah Kallistratos sangat merekomendasikannya.

Manfaat lain dari tidur siang

Selain bisa membantu menurunkan tekanan darah, pakar kesehatan menyebut ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan jika kita terbiasa tidur siang.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Meningkatkan kewaspadaan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut kebiasaan tidur siang cocok untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, apalagi jika kita sedang menjalankan tugas atau pekerjaan yang berat. Jika sedang melakukan perjalanan jauh, sebaiknya juga menyempatkan tidur siang demi membuat konsentrasi saat berkendara tetap terjaga.

NASA menyebut pilot yang menyempatkan tidur siang selama 40 menit mampu menjaga kewaspadaan lebih baik dibandingkan dengan pilot yang tidak melakukannya.

  1. Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman membuktikan bahwa kebiasaan tidur siang bisa meningkatkan daya ingat para partisipan hingga lima kali lipat. Fakta ini terungkap setelah para partisipan diminta untuk menonton DVD dan kemudian tidur siang. Para partisipan yang melakukannya mampu mengingat dengan lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

  1. Meningkatkan kreativitas

Pakar kesehatan Sara Mednick yang berasal dari California University, Amerika Serikat menyebut kebiasaan tidur siang bisa membantu meningkatkan kreativitas dengan signifikan. Kita pun bisa mendapatkan ide-ide baru dengan lebih baik untuk melakukan banyak hal.

  1. Mencegah penyakit jantung

Pakar kesehatan Michael Twery yang berasal dari National Heart Lung & Blood Institute menyebut kebiasaan tidur siang akan mampu menurunkan stres psikis dan fisik akibat kesibukan harian. Hal ini ternyata bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 30 persen!

  1. Membuat suasana hati membaik

Tak harus tidur siang, sebuah penelitian menyebut membaringkan badan selama 10 menit saja ternyata sudah mampu meningkatkan suasana hati. Hal ini akan membuat kesehatan mental kita menjadi jauh lebih baik.

Selain itu, sebuah penelitian lainnya yang dilakukan di Michigan University membuktikan bahwa kebiasan tidur siang juga akan melatih kesabaran dengan lebih baik. Kita pun tidak akan mudah marah dan hal ini akan membantu menyehatkan kesehatan mental dengan signifikan.

Tips mendapatkan manfaat terbaik dari tidur siang

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur siang selama 10-30 menit saja. Jika kita melakukannya lebih lama, bisa jadi badan akan terasa kurang nyaman dan kita akan berisiko mengalami susah tidur di malam hari. Lakukan di waktu yang tidak berdekatan dengan makan siang demi memberikan kesempatan bagi saluran pencernaan untuk bekerja.

Tidurlah di tempat yang nyaman dan sejuk agar kita bisa benar-benar menikmatinya dan mendapatkan manfaat sehatnya.