Jangan Tidur Siang Lebih dari 1 Jam, Ini Bahayanya!

tidur_mimpi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/dotbenjamin

DokterSehat.Com– Seberapa lama kita tidur siang? Apakah sering tidur siang lebih dari satu jam? Kebiasaan tidur di siang hari memang terasa nikmat, namun tahukah Anda kalau ada bahaya yang mengintai jika tidur siang terlalu lama?

Meskipun demikian, banyak juga orang yang tidak sempat tidur siang karena berbagai kesibukan. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa melakukan power nap, tidur siang yang bisa menghilangkan rasa kantuk dan menambah energi selama 10-20 menit.

Permasalahannya adalah cukup banyak orang yang bisa tidur siang hingga melebihi waktu 1 jam. Meski terlihat menyenangkan untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebut kebiasaan tidur siang dalam waktu lama ini bisa menandakan masalah kesehatan.

Dilansir dari Daily Mail, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan tidur siang lebih dari satu jam bisa meningkatkan risiko diabetes. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Association of Diabetes Study, dihasilkan fakta bahwa mereka yang tidur siang dengan durasi lebih dari satu jam cenderung mengalami peningkatan risiko diabetes hingga 45 persen.

Penyakit lain yang mengalami peningkatan risiko akibat hal ini adalah obesitas dan serangan jantung. Tidur berlebihan memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi jika kita lebih sering tidur siang dalam waktu yang lama sebagai kompensasi dari kurang tidur di malam hari. Kebiasaan ini bisa memicu ketidakseimbangan hormon atau gangguan fungsi tubuh yang akhirnya berimbas pada meningkatnya risiko diabetes.

Dalam penelitian sebelumnya, dihasilkan fakta bahwa diabetes juga bisa disebabkan oleh masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Bahkan, 90 persen kasus diabetes ternyata terkait dengan kondisi obesitas. Memang, banyak orang dengan kondisi badan yang terlihat kurus atau ideal juga bisa mengalami penyakit ini, namun, pakar kesehatan memang menyebut masalah berat badan bisa memberikan peningkatan risiko diabetes dengan signifikan.

Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang mengalami kurang tidur di malam hari cenderung memiliki berat badan yang ideal dan sering tidur siang dalam waktu yang lama. Karena alasan inilah kebiasaan tidur siang juga terkait dengan risiko diabetes.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita selalu menjaga pola makan tetap sehat, rajin berolahraga, dan selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari sehingga tidak akan mudah tidur siang dengan durasi yang berlebihan demi mencegah datangnya diabetes.