Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Mudik adalah saat yang cukup krusial setiap tahunnya karena aktivitas ini dilakukan bersama-sama dengan jutaan orang. Bagi Anda yang kampung halamannya hanya beberapa jam saja dari tempat kerja dan rumah, mudik mungkin tidak akan jadi masalah. Pulang kapan saja masih bisa dilakukan.

Menyiasati Tidur Saat Mudik agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

Sementara itu Anda yang rumahnya cukup jauh dari lokasi sekarang, mudik harus dilakukan dengan sekuat tenaga dan melintasi banyak kota dan kabupaten di Jawa, Sumatra, hingga kota lain di pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Oh ya, ketika melakukan mudik dengan apa pun alat transportasinya, pastikan porsi tidur tetap seimbang ya. Pastikan tetap tidur minimal 6 jam sehari agar tubuh tetap prima selama perjalanan.

Pentingnya tidur saat mudik

Mungkin Anda hanya berpikir kalau tidur hanya masalah istirahat saja agar tidak mengantuk selama perjalanan. Lebih dari itu, tidur juga bisa memengaruhi kesehatan dengan cepat sehingga kalau Anda defisit tidur setiap hari, kepala akan cepat pusing dan badan menjadi cukup lemas.

Kalau Anda tidur di kendaraan umum, mungkin bisa dilakukan dengan mudah asal memejamkan mata. Namun, tidak semau orang bisa tidur di dalam kendaraan yang bergerak. Akhirnya, alih-alih istirahat, beberapa orang malah sibuk bermain dengan ponselnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Selanjutnya, kalau Anda mudik dengan kendaraan pribadi, tidur adalah hal nomor satu yang harus dilakukan. Kalau sudah mengantuk dan tidak tahan, lebih baik menepi dan segera tidur selama beberapa menit atau satu jam. Kalau memaksakan diri untuk tetap menyetir micro sleep yang berbahaya bisa terjadi.

Micro sleep adalah kehilangan kesadaran pada tubuh seperti halnya orang tidur. Kondisi ini berjalan secara spontan dan berlangsung selama beberapa detik saja. Meski hanya beberapa detik, di jalanan yang ramai bisa memicu kecelakaan.

Cara mendapatkan tidur yang berkualitas saat mudik

Kalau Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak selama perjalanan, coba lakukan beberapa hal di bawah ini dengan saksama.

  1. Usahakan perut dalam kondisi kenyang

Saat sedang melakukan mudik, pastikan perut dalam kondisi kenyang, tapi tidak berlebihan. Kalau Anda berangkat pagi hari, pastikan untuk sudah sahur terlebih dahulu. Sementara itu kalau Anda berangkatnya malam hari, pastikan sudah berbuka puasa.

Kondisi perut yang kenyang akan membuat Anda jadi nyaman selama perjalanan. Sementara itu kondisi perut yang lapar akan membuat Anda jadi gelisah dan hal ini membuat Anda susah tidur.

  1. Jangan bermain ponsel terus-menerus

Cahaya dari layar ponsel akan membuat Anda terus terjaga. Kalau ingin segera beristirahat coba simpan ponsel dan mulai pejamkan mata perlahan-lahan. Kantuk akan muncul perlahan-lahan mengikuti kondisi relaks pada tubuh.

  1. Konsumsi obat mabuk darat

Kalau Anda sering mengalami mabuk darat kalau naik bus atau kendaraan lainnya, coba untuk minum obat. Dengan obat anti mabuk, Anda akan mudah sekali mendapatkan kantuk sehingga istirahat bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Oh ya, karena minum obat ini mudah tidur, sebelum minum simpan semua barang berharga dan dompet di tempat yang aman agar tidak hilang diambil orang tidak bertanggung jawab.

  1. Pilih transportasi malam

Kalau Anda ingin tidur dengan nyaman tanpa terganggu banyak hal, coba untuk menggunakan kendaraan malam. Saat ini ada banyak pilihan kendaraan malam seperti bus dan kereta yang akan membuat Anda sampai di tujuan dengan aman dan nyaman.

Semoga apa yang tertulis di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan agar mudik berjalan dengan lancar dan tanpa ada gangguan apa pun.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi