DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang malas untuk bangun pagi meskipun alarm sudah berbunyi. Biasanya, mereka akan menekan tombol snooze agar bisa tidur setidaknya 10 menit lagi. Meski terlihat sepele, menurut pakar kesehatan, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lho.

tips cepat tidur

Dikutip dari Asia One, Menekan tombol snooze justru hanya akan membuat kita terbangun dengan kondisi badan yang sangat berat, bukannya menjadi lebih segar. Hal ini disebabkan oleh siklus tidur kita yang akhirnya kacau. Kita pun akan lebih rentan terkena dampak berikut ini.

  1. Kekacauan hormon

Di pagi hari, secara alami hormon melatonin akan turun dan hormon kortisol akan meningkat. Hal ini akan membuat kita tak lagi mengantuk dan lebih siap untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Keberadaan hormon ini juga akan membuat kita lapar agar bisa mendapatkan makanan yang menjadi sumber energi.

Jika kita menekan tombol snooze dan tidur lagi, otak akan kebingungan untuk memerintahkan hormon mana yang seharusnya dilepas oleh tubuh. Hal inilah yang membuat kita terbangun dengan kondisi sangat berat.

  1. Susah buang air besar

Pola tidur kita ternyata berpengaruh besar pada kelancaran buang air besar. Jika kita langsung bangun, maka usus akan segera berkontraksi dan membuat kita ingin buang air besar. Namun, jika kita memilih untuk tidur lagi setelah alarm berbunyi, maka hal ini akan merusak siklus buang air besar ini dan akhirnya kita pun akan susah buang air besar.

  1. Mudah lapar

Saat bangun tidur, kadar ghrelin, hormon yang meningkatkan nafsu makan meningkat. Jika kita tidur lagi setelah alarm berbunyi, maka pelepasan ghrelin ini akan menjadi tidak normal dan akhirnya membuat kita terus merasa lapar seharian. Hal ini akan membuat kita terus menginginkan makanan meskipun sudah sarapan. Risiko untuk terkena kenaikan berat badan meningkat, bukan?

Melihat adanya fakta ini, segera bangun tidur begitu alarm berbunyi dan tidak lagi menekan tombol snooze.

Kalau Sobat Sehat terbiasa memakai alarm atau tidak agar bisa bangun pagi?