Tidak Suka Susu Sapi? Cobalah 9 Jenis Susu Ini

susu-nabati-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Angelica Bair

DokterSehat.Com– Tidak semua orang suka mengonsumsi susu sapi. Padahal, susu ini kaya zat gizi. Boleh jadi, alasan menolak minum susu sapi karena mengalami alergi susu sapi. Namun, bukan berarti tak bisa minum susu sama sekali. Ada beberapa jenis susu lain yang bisa dipilih untuk menggantikan susu sapi.

Menurut data dari WebMD, pengganti susu ini umumnya bukan susu yang berasal dari protein hewani. Namun masing-masing  memiliki kandungan gizi unggulan. Apa sajakah itu?

1. Susu kambing

 

Sama-sama berprotein hewani, susu kambing bisa dijadikan pengganti susu sapi dengan kandungan kalsiumnya yang lebih tinggi dan memiliki kandungan 170 kalori serta 7 gram lemak baik yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi dalam ukuran yang sama.

2. Susu kedelai

 

Susu dari bahan makanan nabati akan memberikan manfaat yang tidak diperoleh dari susu hewani. Susu kedelai memiliki 450 mg kalsium sehingga merupakan pengganti susu yang baik. Namun, pastikan susu kedelai mendapatkan fortifikasi vitamin D karena kandungannya cukup rendah di susu kedelai

3. Susu almon

Susu almon dikenal dengan kandungannya yang rendah kalori jauh lebih rendah dari susu lainnya, namun sama-sama kaya kalsium. Meski belum mudah kita peroleh di pasaran, susu almon merupakan alternatif pengganti susu sapi yang baik.

4. Rice milk

Susu ini terbuat dari beras cokelat, umumnya tidak akan menyebabkan alergi karena bebas dari kacang-kacangan dan gluten. Namun, hal ini menyebabkan rice milk rendah protein.

5. Susu kacang mete

Cukup jarang kita dengar, namun ternyata susu kacang mete memiliki kandungan kalsium 50% lebih tinggi dari susu biasa. Selain itu, susu kacang mete dapat memberikan tekstur rasa yang tebal dan gurih, mirip susu skim yang cocok untuk digunakan sebagai bahan krim sup, dressing atau saus.

6. Susu kacang macadamia

Cukup jarang kita dengar, namun susu dari kacang ini memiliki kandungan yang mirip dengan susu almon, namun kandungan lemaknya lebih tinggi 2% dari susu sapi.

7. Susu kelapa

Pernah mendengar susu kelapa? Mirip dengan santan, namun ada produk khusus yang mengemas susu kelapa dalam kaleng dengan pengolahan tertentu sehingga dapat menjadi pengganti susu sapi. Namun penggunaannya lazim pula ditambahkan dalam olahan makanan misalnya puding atau roti.

8. Susu flaxseed

 

Biji rami atau flaxseed yang dibuat untuk susu tidak hanya memiliki kandungan kalori yang rendah, namun juga terbukti memiliki kandungan omega-3. Seperti yang kita ketahui bahwa flaxseed ini merupakan salah satu pangan fugsional yang terbukti manfaatnya untuk kesehatan.

Tidak mengonsumsi susu sapi bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsi susu sama sekali. Delapan jenis susu tersebut bisa menjadi alternatif pilihan yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Jadi, susu mana yang mau Anda coba terlebih dahulu?