Tidak Selalu Karena Radang Tenggorokan, Nyeri Saat Menelan Juga Bisa Disebabkan Oleh Hal Ini

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika tenggorokan yang terasa sakit saat menelan disebabkan oleh radang tenggorokan. Padahal, ada cukup banyak penyebab dari masalah sakit saat menelan ini. Berikut adalah diantaranya.

Radang tenggorokan
Penyebab utama dari radang tenggorokan adalah infeksi bakteri, infeksi virus, atau bahkan reaksi alergi pada beberapa hal seperti udara kering, asap rokok, debu, dan lain sebagainya. Jika kita merasakan sensasi nyeri saat menelan, biasanya hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcal pada amandel atau tenggorokan.

Untuk mengatasi radang tenggorokan ini, kita bisa menggunakan bahan alami layaknya air garam untuk berkumur-kumur atau mengkonsumsi lemon hangat. Hanya saja, jika kondisi radang sudah sangat parah, ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat.

Asam lambung
Penderita asam lambung kronis bisa saja mengalami rasa nyeri saat menelan. Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang naik hingga ke esofagus atau kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Naiknya asam lambung kerap kali disebabkan oleh stress, konsumsi makanan atau minuman tertentu, dan kondisi obesitas.

Radang amandel
Jika amandel pada ujung tenggorokan mengalami infeksi karena bakteri atau virus, maka amandel pun akan membengkak dan membuat rasa sakit saat menelan. Radang amandel lebih sering menyerang anak-anak dan bisa membuat mereka mengalami sakit tenggorokan atau bahkan demam.

Difteri
Tak disangka, sakit saat menelan ternyata bisa saja disebabkan oleh difteri, salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi bakteri corynebacterium diphtheriae. Racun bakteri ini bisa memicu pembentukan selaput putih yang tebal pada bagian dalam hidung, lidah, tenggorokan, atau saluran pernafasan. Tak hanya membuat rasa sakit saat menelan, difteri juga akan membuat penderitanya demam, menggigil, dan gejala lainnya. Penyakit ini sangat berbahaya dan penderitanya harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis.