Tidak Sarapan Bisa Menurunkan Kolesterol?

kebiasaan-setelah-makan-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika masalah kolesterol tinggi terkait dengan makanan yang dikonsumsi. Memang, dalam realitanya masalah kesehatan ini seringkali disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, khususnya dalam hal mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak dan kolesterol. Hal ini berarti, ada baiknya kita memang harus lebih baik dalam menerapkan pola makan sehari-hari. Meskipun, begitu, bukan berarti kita melewatkan waktu makan demi menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Memang, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan melakukan diet. Logikanya, dengan menurunkan berat badan, maka kadar lemak di dalam tubuh menurun dan kadar kolesterol akan ikut turun, namun menurut pakar kesehatan, mekanismenya tidak semudah itu. Untuk menurunkan kolesterol tinggi, ada banyak hal yang ternyata harus kita pertimbangkan selain menerapkan diet. Jika kita hanya mengandalkan diet saja, bisa jadi berat badan menurun namun kadar kolesterol di dalam tubuh tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Jika kita menerapkan diet asal-asalan seperti melewatkan waktu sarapan dan makan malam, maka upaya untuk menurunkan kolesterol tubuh justru bisa jadi semakin sulit untuk diwujudkan. Sebagaimana kita ketahui, sarapan sangatlah penting bagi tubuh karena menyediakan energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas seharian. Jika kita tidak mendapatkan sumber energi karena tidak sarapan, maka kita pun akan lebih tertarik untuk mengonsumsi camilan tidak sehat dan akan lebih sembarangan dan kalap dalam memilih menu makanan di siang atau malam hari. Bisa jadi, makanan-makanan ini justru kaya akan kandungan kolesterol yang berbahaya.

Alih-alih melewatkan waktu makan, akan jauh lebih baik bagi kita untuk mulai mengecek makanan apa saja yang kita konsumsi. Sebagai contoh, kita memperbanyak asupan serat dari sayuran dan buah-buahan sekaligus menurunkan asupan daging berlemak atau makanan yang digoreng. Selain itu, ada baiknya kita juga rajin berolahraga demi membantu kelancaran sirkulasi darah yang bisa berperan besar dalam proses pengeluaran kolesterol di dalam tubuh.

Jika memang kadar kolesterol di dalam tubuh sudah sangat tinggi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk berkonsultasi kepada dokter agar bisa mendapatkan obat penurun olesterol yang tepat.