Tidak Merokok Tapi Warna Bibir Gelap, Ternyata Ini Penyebabnya

doktersehat-wanita-bibir-pecah-kering-chapped-lips-keriput

DokterSehat.Com– Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang bisa mempengaruhi penampilan wajah dengan signifikan. Karena alasan ini pulalah kebanyakan orang mendambakan warna bibir yang cenderung cerah dan lembab. Sayangnya, karena kebiasaan merokok atau malas mengkonsumsi air putih, maka bibir akan cenderung lebih gelap, kering, dan kehilangan kesegarannya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebenarnya setiap orang memiliki jenis dan rupa bibir yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh pigmen, usia, atau kondisi kesehatan tertentu. Hanya saja, seringkali bibir gelap terkait dengan kebiasaan merokok. Dengan melakukannya, maka bibir akan terpapar kandungan racun di dalam rokok dalam jumlah yang banyak dan akhirnya memicu perubahan warna pada bibir.

Hanya saja, jika kita sama sekali tidak merokok namun mengalami perubahan warna bibir menjadi lebih gelap, besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Sebagai contoh, jika kaum hawa mengkonsumsi pil kontrasepsi dalam jangka panjang, maka warna bibirnya akan cenderung lebih mudah menggelap. Penyebab lain perubahan warna bibir adalah paparan sinar matahari. Tanpa kita sadari, kulit di area bibir dan dagu sangatlah sensitif pada sinar matahari sehingga bisa membuatnya menjadi lebih gelap.

Untuk mengatasi masalah bibir yang gelap ini, kita bisa dengan mudah memakai scrub bibir yang terbuat dari bahan alami seperti gula dan madu. Dengan rutin menggunakannya, maka sel-sel kulit mati yang berwarna gelap akan terangkat dari bibir sehingga warna alami bibir akan kembali. Selain itu, kita juga bisa menggunakan masker bibir yang dibuat dari jus tomat, air jeruk nipis, dan bubuk kunyit. Campuran dari bahan-bahan tersebut tinggal ditempelkan pada bibir selama 20 menit sebelum dibilar dengan air bersih. Dengan memakainya 3-4 kali dalam sepekan, maka warna bibir akan kembali cerah.