Mengapa Kita Tidak Pernah Melihat Ponsel Saat Bermimpi?

tidur_mimpi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/dotbenjamin

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah meme yang viral di media sosial Twitter dan telah di-retweet hingga 20.9 ribu kali. Meme ini bertuliskan “Meski aku sering sekali memakai ponsel di dunia nyata, aku tidak pernah melihatnya saat bermimpi.” Jika kita cermati, meme ini ada benarnya, kita sepertinya tidak pernah melihat ponsel saat bermimpi. Apa alasan dari hal ini?

Dilansir dari Times of India, Alice Robb yang merupakan penulis buku berjudul Why We Dream: The Transformative Power of Our Nightly Journey mengungkap sedikit rahasia mengenai mimpi, termasuk alasan mengapa kita tidak pernah melihat ponsel saat bermimpi.

Menurut Alice, mimpi mampu membuat kita memproses rasa takut dan kecemasan. Mimpi juga mampu memaparkan apa yang membuat kita mengalami stres di dunia nyata. Selain itu, mimpi juga membuat kita “lari” dari situasi yang kita alami di dunia nyata.

Bermain ponsel sama sekali tidak dianggap oleh otak sebagai sesuatu yang berbahaya atau mengerikan karena kita hanya membaca atau menulis dengan peralatan elektronik ini. Karena dianggap sebagai sesuatu yang terlalu biasa, maka ponsel pun cenderung tidak akan masuk ke dalam mimpi kita.

Dalam sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa hanya 3,5 persen wanita dan 2,6 persen pria yang mengaku pernah melihat ponsel di mimpinya. Selain itu, benda-benda berteknologi tinggi lainnya seperti komputer juga cenderung sangat jarang muncul di mimpi. Biasanya, mereka yang melihat ponsel saat bermimpi baru saja kehilangan orang terkasih dan orang terkasih ini seperti menghubungi via telepon. Hal ini berarti, kemunculan ponsel juga masih terkait dengan adanya sesuatu yang “mengerikan” atau membuat ketakutan di dunia nyata sehingga bisa sampai masuk ke dalam mimpi.

Jadi, sudah jelas kan mengapa kita cenderung jarang melihat telepon saat bermimpi?