Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang Anda bayangkan tentang makanan di rumah sakit? Saat kita atau kerabat sedang sakit dan dirawat di rumah sakit, maka kebanyakan orang yang dirawat atau pasien menganggap makanan tersebut tidak enak sehingga memilih untuk tidak menghabiskan atau tidak mengonsumsinya. Padahal, hal ini malah justru merugikan lho.

Tidak Mau Makan Makanan Dari Rumah Sakit? Ini Kerugiannya

Seperti yang kita ketahui, saat sedang dirawat berbagai hal terkait kesehatan kita akan dipantau dengan ketat. Mulai dari tindakan medis, penggunaan infus, obat dan makanan. Hal ini tentu saja saling berkaitan dan jika kita mematuhi anjuran maka kondisi kesehatan akan optimal dan kita semakin cepat sembuh.

Untuk makanan yang diberikan di rumah sakit, tentu telah disesuaikan dengan kondisi pasien. Pemberian makanan di rumah sakit memerhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Kebutuhan energi dan gizi selama sakit, hal ini dipengaruhi sakit apa yang diderita, apakah pasien demam atau tidak dan kondisi lainnya.
  • Kondisi fisik tubuh, mulai dari kesadaran pasien, tinggi dan berat badan pasien.
  • Kebutuhan spesifik terkait penyakit, misalnya sel darah putih yang rendah, tekanan darah yang tinggi atau kadar kolesterol darah yang tinggi.
  • Interaksi makanan dengan obat yang diberikan.
  • Kebersihan dan kualitas bahan makanan.

Dengan memerhatikan poin di atas, maka tentu ada berbagai risiko yang bisa terjadi jika pasien tidak menghabiskan atau tidak mau mengonsumsi makanan dari rumah sakit, yaitu:

1. Kebutuhan gizi tidak terpenuhi

Seperti yang disebutkan, porsi dan bahan makanan yang dipilih telah disesuaikan dengan kondisi pasien. Jika asal memilih makanan dari luar maka tentu akan membuat asupan gizi tidak terkontrol, sehingga bisa jadi justru memperparah kondisi penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Kondisi penyakit menjadi tidak terkontrol

Asupan gizi yang tidak terkontrol bisa memengaruhi kadar darah dan sistem tubuh, misalnya kadar gula atau tekanan darah. Hal ini yang bisa membuat tubuh tak kunjung sembuh.

3. Risiko diare

Jika makanan yang dikonsumsi pasien berasal dari luar maka kebersihannya dan cocok atau tidaknya makanan untuk kondisi pasien belum tentu terjamin sehingga meningkatkan risiko diare.

Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas maka kini makanan dari rumah sakit harus selalu dikonsumsi dan dihabiskan, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi