Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita biasanya mengenal bahwa asam folat hanya penting untuk bumil. Maka kini sebaiknya kita mulai memahami bahwa asam folat juga penting untuk semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia baik pria maupun wanita.

Tidak Hanya Untuk Bumil, Asam Folat Juga Penting Untuk Semua Usia

Pentingnya Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu zat gizi yang harus dipenuhi kebutuhannya setiap hari. Hal ini disebabkan asam folat memiliki fungsi penting untuk tubuh, yaitu:

  1. Sintesis DNA
    Fungsi ini yang membuat asam folat menjadi salah satu zat gizi dasar yang diperlukan semua orang. Koenzim asam folat akan memindahkan karbon atau atom untuk di metabolisme bersama asam amino dan sintesis asam nukleat. Hal ini yang kemudian akan mendukung pembentukan asam DNA dan RNA.
  2. Mendukung penyerapan vitamin dan zat lain
    Fungsi sintetis DNA tersebut kemudian beriringan dengan fungsi asam folat untuk menyerap beberapa oksidasi senyawa dan zat antara lain vitamin B12 dan senyawa fenilalanin dan tirosin.
  3. Membentuk sel darah dalam sum-sum tulang
    Folat berperan sebagai pembawa berbagai faktor pembentukan sel sum-sum tulang. Hal ini yang menyebabkan asam folat menjadi penting untuk mencegah anemia pernisiosa dan gangguan syaraf.

Ketiga manfaat di atas adalah manfaat yang diperlukan untuk semua usia dan jenis kelamin ya. Sehingga kita harus selalu memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi makanan tinggi asam folat.

Makanan Kaya Asam Folat

Berdasarkan buku Prinsip Dasar Ilmu Gizi karangan pakar gizi Indonesia, Almatsier, sumber bahan makanan asam folat ada cukup banyak pada sayuran hijau, makanan hewani, sumber karbohidrat serta pangan nabati. Beberapa contohnya diantaranya adalah:

  • Rumput laut kering, menjadi sumber asam folat paling tinggi diantara berbagai jenis bahan makanan lainnya dengan kadnungan 4700 mcg.
  • Hati ayam memiliki kandungan asam folat sebesar 1128 mcg.
  • Bayam, asparagus dan daun selada memiliki kandungan asam folat sebanyak 80-100 mcg.
  • Kacang kedelai, kacang merah dan kacang hijau memiliki kandungan 100-200 mcg.

Nah, itu dia manfaat dan sumber asam folat untuk tubuh, jadi asam folat juga penting untuk semua, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi