Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa minuman yang menjadi favorit Anda? Jika kopi, teh atau cokelat menjadi minuman yang paling sering konsumsi, maka kini cobalah mencicipi kenikmatan minuman tradisional khas Indonesia. Dengan kekayaan rempah yang kita miliki, minuman-minuman ini tidak hanya nikmat namun juga super sehat.

Tidak Hanya Nikmat, 3 Minuman Tradisional Ini Juga Menyehatkan

Sebagian besar minuman tradisional Indonesia menggunakan bahan baku dari jahe. Namun kombinasi dengan bumbu dan rempah alaminya membuat minuman jahe menjadi beragam jenisnya. Apa sajakah minuman tradisional yang nikmat dan menyehatkan?

1. Wedang ronde

Salah satu minuman khas Jawa Timur ini terbuat dari bahan baku utama jahe. Dipadu dengan daun serai, daun pandan dan gula merah, serta isi dari minuman ronde yaitu kacang tanah, roti dan ronde.

Healthline.com menyebutkan kandungan rempah jahe untuk minuman terbukti baik untuk pencernaan dan mampu mengatasi gangguan seperti mual dan muntah karena memberikan sensasi rasa hangat dan nyaman untuk tubuh. Kandungan minyak yang ada pada serai mampu mencegah kanker dengan kandungan fitokimianya.

2. Bir pletok

Pernahkah Anda mencoba bir pletok? Minuman khas Betawi ini dibuat dari cukup banyak rempah-rempah yaitu, jahe, pandan, serai, merica hitam, kapulaga, kayu manis dan kayu secang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Selain baik untuk pencernaan, Livestrong.com menyebutkan penggunaan jahe pada minuman mampu menurunkan tekanan darah. Penggunaan merica hitam memberikan efek antipiretik yang mampu menurunkan demam, kayu manis mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga membakar lemak lebih banyak, sedangkan kayu secang bisa mengobati batuk dan sebagai antibakteri pada tubuh.

3. Bajigur

Kali ini minuman khas Jawa Barat. Bahan utama bajigur adalah gula aren dan santan dengan tambahan jahe, garam dan vanili.

Berdasarkan studi yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, kandungan protein, kalium dan fosfor pada gula aren lebih tinggi dari gula biasa, sedangkan penggunaan vanili pada bajigur mampu memberikan manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang sangat baik untuk tubuh.

Nah, dari ketiga minuman di atas, mana yang menjadi favorit Anda?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi