Tidak Hanya Air Putih, Minuman Ini Juga Baik buat Ginjal

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa kita harus minum 8 gelas atau kurang lebih 1,5 liter dalam sehari untuk menjaga agar ginjal kita dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu sangat lumrah jika kita beranggapan bahwa air putih adalah pilihan yang tepat untuk kesehatan ginjal. Namun ternyata ada juga jenis olahan minuman selain air putih yang terbukti baik untuk ginjal.

Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan zat sisa tubuh (ekskresi), mengatur keseimbangan cairan, elektrolit dan asam basa darah. Sehingga dalam setiap hari ginjal harus bekerja dan memerlukan cairan untuk mengeluarkan cairan zat sisa tubuh. Maka dari itu cairan sangat penting untuk ginjal. Namun selain cairan, buah dan sayur juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan ginjal kita. Beberapa buah dan sayur memiliki kandungan zat gizi yang mampu menjaga fungsi ginjal. Buah dan sayur tersebut antara lain anggur, melon, semangka, air kelapa muda, apel, mentimun dan pisang. Bahan makanan tersebut memiliki kandungan air dan mineral berupa kalsium, kalium, natrium dan magnesium yang mampu memelihara ginjal melalui proses reabsorpsi dan ekskresi yang seimbang.

Agar kita dapat merasakan manfaat dari buah dan sayur yang baik untuk ginjal tersebut kita dapat membuatnya sebagai jus, selain lebih mudah dikonsumsi jus dapat pula kita kombinasikan melalui pemilihan beberapa buah dan sayur yang tepat. Berdasarkan buku “230 Jus Pengendali Penyakit Plus Kebugaran & Kecantikan” beberapa kombinasi buah dan sayur yang baik untuk menjaga ginjal adalah:

  1. Air kelapa muda dengan anggur dan jeruk bali
  2. Air kelapa muda dengan air perasan jeruk sunkist
  3. Kembang kol (air yang diperoleh dari juicer saja) dengan apel
  4. Pisang dengan air perasan jeruk sunkist

Beberapa kombinasi jus diatas cukup mudah kita buat serta bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah kita peroleh. Jadi, selain minum air putih yang cukup, kombinasi jus diatas juga dapat membantu agar ginjal kita tetap sehat.