Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan berprotein kerap dipilih oleh para atlet atau saat kita sedang berolahraga. Makanan berprotein memang telah terbukti mampu mendukung pembentukan otot. Namun ternyata masih ada lo makanan lain yang juga terbukti mampu memberikan manfaat untuk tubuh selama berolahraga.

Tidak Disangka, 4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Untuk Berolahraga

Ada cukup banyak makanan dan zat gizi yang disebut mampu memberikan manfaat untuk olahraga maupun bagi para atlet. Untuk itu National Institutes of Health meneliti berbagai zat gizi dari makanan-makanan tersebut.

Hasilnya ternyata tidak semua makanan yang kerap disebut baik untuk berolahraga mampu menunjukkan hasil yang diharapkan. Namun ada empat jenis makanan yang mampu mendukung manfaat yang signifikan sebagai hasil dari olahraga, yaitu:

1. Buah dan akar bit

Buah bit sudah terkenal akan manfaatnya. Konsumsi jus buah bit atau akar bit, untuk olahraga mampu membuat pembuluh darah berdilatasi sehingga mampu mengurangi penggunaan oksigen. Selain itu konsumsi buah bit mampu meningkatkan produksi energi dalam tubuh. Hal ini akan meningkatkan performa dan ketahanan tubuh selama berolahraga.

2. Kafein

Kafein mampu mengurangi aktivitas neuromedulator, hal ini mampu menekan rasa lelah saat berolahraga. Selain itu konsumsi kafein akan meningkatkan performa olahraga seperti berlari, atau olahraga dengan durasi yang panjang, misalnya sepak bola, jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Ginseng

Mekanisme ginseng dalam olahraga belum banyak diketahui, namun kandungan panax ginseng yang kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional disebut mampu meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah.

4. Ceri asam

Ceri asam/sour cherry atau sering disebut sebagai tart cherry, memiliki kandungan fitokimia yang akan meningkatkan pemulihan kekuatan otot dan mengurangi rasa lelah tubuh pasca latihan atau olahraga berat. Kandungan tersebut juga mampu memberikan efek anti inflamasi pada tubuh.

Nah, kira-kira makanan mana yang akan Anda konsumsi saat akan berolahraga?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi