Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang the 17 day diet? Meskipun tidak populer di Indonesia, namun namanya yang menarik tentu membuat kita penasaran, bagaimana sih cara penerapan the 17 day diet ini?

The 17 Day Diet, Diet Yang Bikin Langsing dan Sehat

The 17 day diet dikenalkan oleh pakar kesehatan Mike Moreno, MD. yang mengklaim mampu meningkatkan kesehatan tubuh dengan membakar lebih banyak lemak tubuh, mengurangi berat badan dan menerapkan kebiasaan baru yang sehat.

Berdasarkan WebMD, beberapa prinsip penerapan the 17 day diet adalah:

1. Konsumsi makanan sehat

The 17 day diet menganjurkan konsumsi makanan berprotein rendah lemak, makanan tinggi antioksidan, probiotik dan lemak baik dari nabati, misalnya minyak kacang-kacangan atau biji-bijian.

2. Menghindari makanan manis, asin dan berlemak

Konsumsi makanan yang manis, asin dan berlemak tidak dianjurkan dalam penerapan diet ini. Olahan jajanan manis, makanan yang diproses atau makanan kemasan, serta makanan yang digoreng atau bersantan harus dihindari. Selain itu konsumsi makanan yang juga dilarang adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau buah yang sangat manis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Kombinasi menu selama 17 hari

Pilihan makanan sehat tersebut dikombinasi menjadi menu sehat yang konsumsinya diterapkan selama 17 hari. Makanan yang dikonsumsi diatur sedemikian rupa sehingga membentuk siklus menu untuk 17 hari.

4. Melakukan olahraga rutin

Dalam buku panduan the 17 day diet, olahraga dianjurkan untuk menguatkan jantung, hal ini wajib dilakukan selama 6 hari dalam seminggu.

Penerapan the 17 day diet akan membuat berat badan tubuh turun dan membuat tubuh lebih sehat karena diet ini mampu mencegah terjadinya diabetes.

Namun, menurut Dr. Melinda Ratini, pilihan makanan dalam diet ini kurang lengkap karena asupan makanan berkarbohidrat yang terlalu dibatasi dan protein terlalu tinggi.

Sehingga pada beberapa kondisi medis tertentu diet ini kurang tepat diterapkan karena tubuh bisa menjadi kekurangan gizi atau malah memperparah penyakit, misalnya pada penyakit ginjal. Pada kondisi obesitas, the 17 day diet bisa diterapkan karena mendukung tubuh menjadi langsing dan sehat.

Bagaimana, tetarikkah Anda menerapkan the 17 day diet?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi